IBL

Kejutan kembali terjadi dalam lanjutan babak penyisihan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Kamis pagi, 30 September 2021. Tim putri Sulawesi Selatan (Sulsel) berhasil menundukkan DKI Jakarta dengan skor 66-56. Karena hanya berisi tiga tim, maka Sulses sudah mendapatkan jaminan untuk melaju ke babak semifinal.

Sulsel tampil percaya diri sejak tip-off. Mereka rata-rata berisi pemain klub Flying Wheel Makassar yang sudah ikut Srikandi Cup dalam tiga tahun belakangan. Komunikasi tim tidak ada masalah, sehingga mereka bisa unggul dari DKI Jakarta sejak kuarter kedua hingga akhir pertandingan.

"Memang ini kejutan bagi kami. Tapi kami yakin tidak ada yang tidak mungkin," kata Eddy Winarso, kepala pelatih tim putri Sulsel, usai pertandingan.

Ummil Asmi memimpin rekan-rekannya mengalahkan DKI Jakarta. Bermain selama 37 menit, Ummil mencetak 24 poin dan 16 rebound, dengan akurasi tembakan 11/19. Sabrina Ayu Rinsantia Sandewang menambahkan 17 poin dan 10 rebound. Kemudian Innocentia Handani dan kapten tim Azizah Abas, sama-sama menyumbang 10 poin.

Dari kubu DKI Jakarta, Jesslyn Angelique Aritonang mencetak 21 poin. Kemudian Sophia Rebbeca Adventa menyumbang dobel-dobel dengan torehan 12 poin dan 13 rebound. Dari 11 pemain dalam roster DKI Jakarta kali ini, hanya sembilan pemain yang tampil. Roster DKI Jakarta di PON Papua ini cukup menarik. Sebab semuanya pernah bermain di Srikandi Cup dalam tim yang sama, yaitu Tanago Friesian Jakarta.

Lewat kemenangan tersebut, Sulsel sudah memastikan satu tiket ke babak semifinal. Karena Grup Y hanya berisi tiga tim setelah Jambi memutuskan tidak berangkat ke Papua. Kalau Sulses menang melawan Papua di pertandingan berikutnya, maka mereka lolos ke semifinal dengan status sebagai juara grup. (tor)

Foto: Hariyanto

 

Komentar