IBL

Babak penyisihan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua untuk cabang olahraga bola basket kategori putri memang belum berakhir. Namun pada Senin sore, waktu Indonesia Timur, semua slot untuk semifinal sudah terisi. Jawa Timur sebagai juara Grup X akan berhadapan dengan DKI Jakarta. Dari Grup Y, Sulawesi Selatan sebagai pemimpin klasemen akan bertanding melawan Bali.

Di kategori putri, tim yang lebih dulu memastikan lolos ke semifinal adalah Sulawesi Selatan. Ummil Asmi dan kawan-kawan berhasil sapu bersih dari dua laga yang dilakoni. Sulsel menang 66-56 atas DKI Jakarta, lalu menang 68-45 atas tuan rumah Papua. Grup Y memang hanya diisi tiga tim, karena Jambi mengundurkan diri tepat sebelum pertandingan cabor basket di PON dimulai.

"Ini prestasi bersejarah bagi kami. Karena sudah sampai di semifinal, maka kami berani mematok target lebih tinggi. Mungkin ini saatnya kami mengincar medali," jelas Eddy Winarso, pelatih Sulsel.

Sementara yang menjadi lawan Sulses di semifinal adalah Bali. Mereka menduduki peringkat kedua di klasemen Grup X setelah kalah 30-51 dari Jawa Timur, Senin sore. Bali tidak mampu menahan laju Christine Aldora Tjundawan yang mencetak 15 poin dan 11 rebound untuk Jatim. Di pertandingan tersebut tidak ada pemain Bali yang mampu mencetak poin digit ganda. Bali menyelesaikan babak penyisihan dengan rekor 2-1.

"Semua lawan kalau sudah di semifinal bakal berbeda, baik secara fisik dan mental. Jadi kami pikir semua sama. Saya pikir akan menjadi pertandingan yang seru nanti," kata Muflih Farhan, pelatih Bali.

Dari Grup X, setelah mengalahkan Bali, maka Jatim berhak lolos ke semifinal dengan predikat juara grup. Jatim sapu bersih tiga pertandingan (3-0). Jatim menang 65-51 atas Jawa Tengah di pertandingan pertama. Di laga kedua, Jatim menang 62-45 atas Jawa Barat. Kemudian ditutup dengan kemenangan atas Bali hari ini.

"Kami tidak akan memilih lawan. Siapa pun akan kami hadapi di semifinal nanti," ujar Lena, pelatih Jatim. "Ini sudah sesuai target kami sebagai juara grup. Sekarang kami fokus ke semifinal. Kami sudah tahu kekuatan DKI Jakarta."

Sementara itu, lawan Jatim di semifinal adalah DKI Jakarta. Mereka mengamankan satu tiket ke semifinal setelah menundukkan tuan rumah Papua dengan skor 85-30. DKI Jakarta memang hanya membutuhkan satu kemenangan saja untuk bisa tampil di semifinal.

"Kami tidak pilih-pilih lawan. Semua yang ada di depan, kami hadapi," tegas Andrew Willer Tambunan, pelatih DKI Jakarta.

Pertandingan babak semifinal akan berlangsung pada Kamis, 7 Oktober 2021, di Mimika Sports Complex. Di kategori putri sendiri masih menyisakan satu pertandingan lagi antara tim Jawa Tengah dan Jawa Barat. (tor)

Baca juga: Jadwal Pertandingan Cabang Olahraga Bola Basket PON XX Papua 2021

Foto: Hariyanto

 

Komentar