IBL

Tahun ini NBA mungkin tidak menyelenggarakan All-Star Weekend seperti biasanya. Namun pertandingan NBA All-Star akan tetap digelar. NBA sudah mengumumkan tentang detail penyelenggaraan, hingga tanggal-tanggal penting untuk All-Star 2021. Kemungkinan besar laga bintang akan berlangsung pada bulan Maret mendatang.

Tanggal penting All-Star 2021 dimulai dari pembukaan pemungutan suara untuk pemain pada 28 Januari yang dilakukan oleh penggemar. Kemudian ada dua tahap pengumuman hasil voting dari penggemar yaitu tanggal 4 dan 11 Ferbuari. Lalu tanggal 16 Februari pemungutan suara ditutup. Pada 18 Februari, NBA akan mengumumkan starter untuk All-Star 2021. Lima hari kemudian (28 Februari) pemain cadangan akan diumumkan.

Sesuai aturan, ada tiga unsur yang menjadi voters dalam pemungutan suara untuk All-Star, yaitu penggemar dengan persentase suara 50 persen, lalu media dengan persentase 25 persen, dan terakhir semua pemain di liga dengan persentase suara 25 persen. Khusus untuk pemain, masing-masing akan menerima satu surat suara. Mereka boleh memilih dua garda dan tiga penyerang untuk masing-masing wilayah. Bila terjadi jumlah suara sama besar, maka penentunya adalah pilihan penggemar.

Untuk penggemar, ada tiga cara pemungutan suara yang digunakan yaitu melalui situs nba.com, aplikasi NBA, dan twitter. Penggemar bisa memilih 10 pemain setiap hari mulai 28 Januari hingga 16 Februari mendatang.

Berbagai situs berita olahraga Amerika Serikat sudah mengeluarkan prediksinya masing-masing mengenai All-Star 2021. Terjadi pergeseran posisi kapten tim di Wilayah Timur, sementara di Wilayah Barat hampir sama seperti tahun lalu.

LeBron James masih jadi favorit untuk mengisi posisi kapten tim sekaligus starter di Wilayah Barat. James merupakan pemain yang dominan di dua ujung lapangan. Saat ini dia mencetak rata-rata 25,5 poin, 7,8 rebound, dan 7,5 assist per pertandingan. James juga berhasil memimpin Los Angeles Lakers tetap di papan atas klasemen Wilayah Barat. Sementara itu, prediksi starter untuk mendampingi James ada Kawhi Leonard (LA Clippers), Nikola Jokic (Denver Nuggets), Damian Lillard (Portland Trail Blazers), dan Stephen Curry (Golden State Warriors). Tetapi ada pula pemain yang berpotensi mengisi starter di Wilayah Barat seperti Anthony Davis (Los Angeles Lakers), Luka Doncic (Dallas Mavericks), hingga Zion Williamson (New Orleans Pelicans).

Untuk Wilayah Timur kemungkinan besar terjadi pergeseran seiring peningkatan performa Brooklyn Nets. Kevin Durant berpotensi menggantikan Giannis Antetokounmpo (Milwaukee Bucks) sebagai kapten tim. Durant saat ini punya catatan statistik 30,5 poin per pertandingan. Durant tentu sendirian berangkat ke All-Star. Ada Kyrie Irving dan James Harden yang bisa mendampinginya di starter, atau di bangku cadangan. Kemudian ada Jaylen Brown dan Jayson Tatum dari Boston Celtics. Lalu, dua bintang Philadelphia 76ers, Joel Embiid dan Ben Simmons kemungkinan bakal jadi pilihan penggemar.

Menurut Adrian Wojnarowski dari ESPN, NBA dan NBPA sedang berdiskusi tentang penyelenggaraan All-Star 2021. Kemungkinan besar akan diselenggarakan pada bulan Maret 2021 di Atlanta. Alasannya, Atlanta merupakan kantor Turner Sports sebagai pemilik hak siar All-Star 2021. Jadi tim Turnes Sports tidak perlu ke luar kota, sehingga tetap sesuai protokol kesehatan dan keselamatan yang sudah dibuat oleh liga. (tor)

Foto: nba.com

Komentar