IBL

FIBA Asia memindahkan gelaran Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 (FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers) Window 3 untuk Grup A. Semula Grup A dijadwalkan bermain di Filipina. Namun karena larangan penerbangan lintas negara, maka dibatalkan. Sebagai gantinya, Grup A akan bermain di Doha, Qatar.

Sebenarnya, Qatar sudah menjadi tuan rumah untuk Grup B dan Grup E. Sedangkan Grup A dan Grup C dimainkan di Clark, Filipina. Namun pihak federasi basket Filipina (SBP) mengumumkan pembatalan pada Selasa, 26 Januari 2021 lalu. Alasannya, pemerintah Filipina melakukan perpanjangan larangan penerbangan lintas negara. Maka, lokasi pertandingan Kualifikasi Grup A dipindahkan ke Qatar. Keputusan tersebut dibuat oleh FIB Regional Office Asia pada Kamis, 28 Januari 2021.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 Jendela Ketiga di Filipina Batal

Grup A berisi timnas Indonesia, Korea, Filipina, dan Thailand. Dari jadwal pertandingan yang diunggah di fiba.basketball, Indonesia akan bermain melawan Korea (19 Februari 2021), melawan Filipina (20 Februari 2021), dan Thailand (22 Februari 2021). Jendela ketiga ini sudah tidak berpengaruh pada timnas Indonesia. Sebab, Indonesia sudah pasti lolos ke babak utama, karena berstatus tuan rumah.

Sementara itu, Badan Tim Nasional (BTN) telah merilis daftar pemanggilan pemain untuk bergabung dalam Pemusatan Latihan menuju FACQ 2021 Window 3. Seluruh pemain dan ofisial akan menjalankan pemusatan latihan tertutup dengan protokol kesehatan ketat. Dalam daftar tersebut ada dua nama yang diganti dari roster timnas di Window 2, bulan November 2020 lalu. Juan Laurent Kokodiputra dan Vincent Rivaldi Kosasih, digantikan oleh Derrick Michael Xzavierro dan Muhammad Sandy Ibrahim Aziz.

Jendela ketiga ini merupakan kesempatan terakhir bagi negara-negara di Asia dan Oceania untuk memastikan tiket ke babak utama. Mereka yang langsung lolos ke babak 16 besar adalah tim di peringkat satu dan dua masing-masing grup. Sedangkan tim di peringkat ketiga akan dipertemukan dalam satu turnamen untuk memperebutkan empat tiket sisanya. (tor)

Foto: fiba.basketball

 

Komentar