IBL

Pembatalan tersebut terjadi setelah pemerintah Filipina melarang adanya perjalanan lintas negara, yang disebabkan oleh varian baru virus Covid-19. Rencananya Filipina akan menjadi tuan rumah FIBA Asia Cup Qualifiers 2021 Window 3 pada 18-24 Februari mendatang. Ada kemungkinan semua pertandingan dipindahkan ke wilayah Asia Barat.

Penyebab pembatalan tersebut karena pemerintah Filipina memperpanjang pembatasan perjalanan lintas negara hingga 31 Januari mendatang. Kemungkinan besar bisa diperpanjang hingga bulan Februari. Filipina melarang orang dari 30 negara masuk ke negaranya, untuk membatasi penyebaran varian Covid-19 baru, yang pertama kali ditemukan di Inggris. Virus ini diyakini lebih ganas dari sebelumnya. Sementara di Filipina sudah tercatat ada 40 kasus yang berkaitan dengan virus baru tersebut.

Presiden Federasi Bola Basket Filipina (SBP), Al Panlilio dalam peryataannya pada hari Selasa, 26 Januari 2021, menyebut bahwa pihaknya sudah berupaya maksimal agar turnamen ini tetap berjalan. Namun pihak Satuan Tugas Nasional Melawan Covid-19 tetap melarang adanya orang dari negara lain masuk ke Filipina. Saat ini tidak ada pengecualian, termasuk para pemain bola basket.

Filipina seharusnya menjadi tuan rumah untuk Grup A dan C, di babak kualifikasi ini. Grup A terdiri dari Filipina, Korea, Thailand dan Indonesia. Sedangkan Grup C ada Selandia Baru Australia, Guam dan Hongkong. Pertandingannya akan berlangsung di Clark, Pampanga, Filipina.

"Kami telah mengerahkan banyak upaya untuk menjadi tuan rumah Kualifikasi Piala Asia FIBA yang akan datang, dan inilah mengapa saya sedih bahwa kami tidak bisa menyelenggarakan pertandingan itu lagi," kata Panlilio, dikutip dari sports.inquirer.net.

Sementara itu, bukan hanya Filipina saja yang mengumumkan pembatalan. Jepang sebagai tuan rumah kualifikasi Grup B juga tidak bisa menyelenggarakan pertandingan. Jepang juga mengalami peningkatan kasus virus Covid-19, sehingga mereka juga menutup sementara perjalanan lintas negara. Grup B terdiri dari Jepang, Tiongkok, Malaysia, dan Taiwan. Ada kemungkinan, semua pertandingan kualifikasi jendela ketiga dipindahkan ke Doha, Qatar, sebagai tuan rumah Grup E.

Pembatalan ini sebenarnya tidak berpengaruh pada timnas Indonesia. Sebab, Indonesia sudah dinyatakan lolos ke babak utama FIBA Asia Cup 2021, sebagai tuan rumah. Apa pun hasil di babak kualifikasi, Indonesia tetap akan masuk 16 besar. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar