IBL

Timnas Indonesia bakal tampil beda di lanjutan Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 (FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers), yang akan berlangsung di Manama, Bahrain, akhir bulan ini. Ada enam nama baru yang akan tampil membela Indonesia di babak kualifikasi ini. Namun untuk jadwal pertandingan, masih belum ada keputusan resmi dari FIBA

Seperti yang diunggah dalam akun instagram @official_timnasbasket, ada 12 nama pemain yang akan berangkat ke Manama, Bahrain. Mereka adalah 12 pemain terbaik Indonesia dari 15 nama pemain yang mengikuti pemusatan latihan sejak tiga bulan lalu.

Dalam daftar tersebut ada enam nama lama, dan sisanya pemain baru. Lama dalam arti, mereka sudah pernah tampil di jendela pertama (Window 1), pada bulan Februari 2020 lalu. Enam nama yang tampil di jendela pertama yaitu Abraham, Prastawa, Hardianus, Vincent, Arki, dan Kevin. Sedangkan nama-nama pemain yang baru diturunkan di jendela kedua nanti yaitu Juan, Widyanta, Govinda, Agassi, Brandon, dan Lester.

Menurut Fareza Tamrella selaku manajer timnas, komposisi ini diyakini bisa lebih kompetitif di ajang kualifikasi Piala Asia 2021. Selain itu, persiapan yang sudah dijalani selama ini sudah maksimal, sehingga diharapkan mereka juga mendapatkan hasil yang positif.

Sementara itu, jadwal pertandingan resmi dari FIBA sampai hari ini belum keluar. Diakui Fareza memang ada perubahan setelah Korea menyatakan tidak berangkat ke Bahrain. Padahal, berkaca dari jadwal semula, Indonesia akan berhadapan dengan Thailand dan Korea.

Fareza menegaskan, pada dasarnya timnas Indonesia akan menghormati keputusan dari FIBA. Bila ada pergeseran jadwal, maka timnas Indonesia akan segera melakukan penyesuaian.

"Kalau akhirnya FIBA memutuskan pertandingan Window 2 akhirnya melawan Filipina, dan gim lawan Korea digeser di Window 3, maka timnas akan menghormati itu. Saat ini Filipina memang sudah konfirmasi untuk berangkat ke Bahrain. Kalau memang itu keputusannya, maka coaching staff bisa segera adjust dengan perubahan ini," katanya, Kamis, 19 November 2020.

Sistem pertandingan yang digunakan dalam Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 adalah kompetisi penuh. Jadi, semua tim dalam satu grup akan saling berhadapan dua kali. Timnas Indonesia sudah pernah sekali berhadapan dengan Filipina dan Korea di jendela pertama. Sisanya, Indonesia harus berhadapan dengan Thailand dua kali, Filipina dan Korea masing-masing satu kali. Sementara itu, ada kemungkinan jadwal di jendela kedua akan dibuah. Indonesia akan bertemu Thailand dan Filipina. (tor)

Foto: FIBA

Komentar