IBL

Pertandingan pertama Grup A FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers mempertemukan Filipina dan Thailand. Laga ini dimenangkan Filipina dengan skor 93-61, di Khalifa Sport City, Manama, Bahrain pada Jumat, 27 November 2020. Lewat kemenangan tersebut, Filipina kini menduduki puncak klasemen Grup A.

Dwight Ramos mencetak 20 poin untuk Filipina, diikuti Justine Baltazar dan Juan Gerardo Gomez De Liano yang masing-masing menyumbang 12 poin. Sementara di kubu Thailand, Montien Wonsawangtham mencetak 17 poin. Lalu diikuti Nakorn Jaisanuk (12 poin) dan Wattana Suttisin (10 poin).

Thailand awalnya memberikan perlawanan. Thailand bisa mendekat 19-21 di kuarter pertama. Namun pasukan muda Filipina berhasil menemukan kembali irama permainan di pertengahan kuarter kedua. Hingga akhirnya mereka meninggalkan Thailand 53-27 saat turun minum.

Filipina bisa menguasai pertandingan sampai buzzer berbunyi. Thailand melakukan 22 kali turnover yang dimanfaatkan Filipina untuk membuat 28 poin. Di paint area, Filipina unggul 42-14 dari Thailand.

Kemenangan tersebut membawa Filipina ke puncak klasemen Grup A, mengeser Korea. Mereka mengumpulkan dua kemenangan dari dua pertandingan. Kedua tim, Filipina dan Thailand, akan bertemu kembali pada hari Senin, 30 November mendatang. Sementara itu, Thailand tidak akan punya banyak waktu untuk beristirahat. Mereka dijadwalkan bertanding melawan Indonesia pada hari Sabtu, 28 November 2020. (tor)

Foto: FIBA.basketball

Komentar