IBL

Kabar pembatalan ini disampaikan PP Perbasi melalui akun instagram resminya. Menurut PP Perbasi peningkatan kasus Covid-19 di Qatar menjadi penyembab dibatalkannya agenda olahraga termasuk FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers Window 3. Bila pertandingan tersebut ditunda, maka Indonesia juga gagal tampil. Karena Indonesia juga masuk di Grup A, yang dijadwalkan berlaga di Qatar.

"Pembatalan Window 3 di Qatar yang mendadak ini sangat disayangkan, namun kami mengerti keputusan FIBA yang diambil berdasarkan arahan dari pemerintah Qatar, di mana kasus Covid-19 yang melonjak di Qatar, akan sangat riskan dan membahayakan untuk seluruh negara apabila tetap memaksakan pertandingan terlaksana," kata Fareza Tamrella, manajer Timnas Indonesia.

"Selain itu kami masih menanti surat konfirmasi dari FIBA mengenai keputusan terhadap Window 3 ini, apakah akan dipindah lokasinya ke negara lain, atau di re-schedule 1 sampai 2 minggu atau ditunda ke bulan lainnya. Untuk ini Timnas akan mengambil keputusan setelah mendapatkan surat konfirmasi dari FIBA."

Sebenarnya, penyelenggaraan jendela ketiga untuk Grup A sudah dibatalkan dua kali. Semula, Grup A dijadwalkan bertanding di Clark, Filipina. Namun karena larangan penerbangan lintas negara, maka turnamen ini dibatalkan. Lalu, FIBA memindahkan pertandingan Grup A, yang berisi Indonesia, Filipina, Thailand, dan Korea ke Doha, Qatar. Dengan ini, maka akan ada tiga grup yang bertanding di Qatar, termasuk Grup B dan E.

Baca Juga: Timnas Indonesia Siapkan 12 Pemain untuk Dibawa ke Qatar

Timnas Indonesia sudah siap terbang ke Qatar. Menurut Fareza Tamrella selaku manajer, mereka akan berangkat pada 15 Februari mendatang. Sedangkan untuk jadwal pertandingannya, Indonesia akan bertemu Korea (19 Februari), melawan Filipina (20 Ferbuari), dan terakhir berhadapan dengan Thailand (22 Februari).

Baca Juga: Timnas Indonesia Tanpa Target Spesifik di Qatar

Kabarnya, FIBA sedang mencari alternatif tempat yang tersedia untuk menggelar pertandingan dalam waktu dekat. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar