IBL

Undian (drawing) Kualifikasi Piala Asia FIBA (FIBA Asia Cup) 2021 akan berlangsung Sabtu, 8 Juni 2019, di Bengaluru, India. Ini adalah babak kualifikasi terpanjang yang pernah digelar. Sistem kualifikasi Piala Asia musim ini hampir sama dengan kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019.

Piala Asia FIBA menjadi ajang tertinggi untuk tim nasional di wilayah Asia. Turnamen ini sebelumnya digelar dua tahun sekali. Namun mulai 2021 akan berlangsung empat tahun sekali. Sementara itu, Piala Asia FIBA menjadi gabungan antara Zona Asia dan Zona Oceania sejak 2017. Australia langsung menjadi juara di edisi 2017 lalu.

Ada perubahan besar di kualifikasi Piala Asia FIBA 2021. Sistemnya hampir sama dengan kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019. Hanya jumlah fasenya saja yang berbeda. Kualifikasi kali ini akan diikuti 24 negara. Rinciannya, 16 negara yang menjadi peserta Piala Asia FIBA 2017. Lalu ada delapan negara yang lolos dari Pra-Kualifikasi Wilayah Barat dan Pra Kualifikasi Wilayah Timur.

Daftar Peserta Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021:
16 Peserta Piala Asia 2017: Australia, Iran, Korea Selatan, Selandia Baru, Cina, Lebanon, Filipina, Yordania, Jepang, Syria, Iraq, Cina Taipei, Qatar, India, Hong Kong, dan Kazakhstan.
Negara yang Lolos Pra-Kualifikasi Wilayah Barat: Saudi Arabia, Palestina, Bahrain, dan Sri Langka.
Negara yang Lolos Pra-Kualifikasi Wilayah Timur: Guam, Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

Sebelum melaju ke babak utama Piala Asia FIBA 2021, mereka harus menjalani babak kualifikasi yang digelar antara tahun 2019 hingga 2020. Dari 24 negara tersebut akan diambil 16 negara yang akan masuk ke babak utama. Untuk lebih jelasnya tentang proses kualifikasi, perhatikan bagan di bawah ini:

Mula-mula 24 tim akan dibagi menjadi 6 grup. Jadi masing-masing grup terdiri dari 4 negara. Pertandingan babak kualifikasi akan dimainkan dalam tiga fase. Tiap-tiap negara akan memainkan dua laga tiap fase dengan sistem home-and-away. Fase pertama dimainkan bulan November 2019, lalu kedua pada Februari 2020, dan terakhir atau fase ketiga pada bulan November 2020.

Dua tim teratas dari masing-masing grup otomatis lolos ke babak utama (jersey warna biru di bagan). Kemudian, peringkat ketiga dari masing-masing grup akan bertanding memperebutkan empat tiket ke babak utama (jersey warna hijau di bagan). Jadi akan ada delapan negara yang tidak lolos ke babak utama (jersey warna abu-abu di bagan).

Undian Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 akan berlangsung di Shangri-La Hotel Bengaluru, India, pada 8 Juni 2019 mendatang. Ini adalah proses awal sebelum perjalanan panjang babak kualifikasi dimulai. Acara ini dihadiri dua legenda basket Asia, yaitu mantan pemain timnas Filipina Jimmy Alapag dan pemain legendaris Jepang Asami Yoshida.

Piala Asia FIBA 2021 sangat penting bagi Indonesia. Sebab turnamen itu menjadi salah satu syarat yang diberikan FIBA pada Indonesia agar bisa ikut Piala Dunia FIBA 2023. Indonesia setidaknya harus menempati delapan besar di Piala Asia FIBA 2021. Sebagai langkah awal, Indonesia harus lolos dulu di babak kualifikasinya. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar