IBL

Jadwal Kualifikasi Piala Asia 2021 (FIBA Asia Cup Qualifiers) untuk jendela kedua sudah keluar. Timnas Indonesia akan bertanding melawan Thailand pada 28 November 2020, dan Korea pada 30 November 2020. Konsep penyelenggaraan kualifikasi kali ini berubah menjadi "gelembung" karena ada pandemi virus korona. Indonesia yang tergabung dalam Grup A akan bermain di Manama, Bahrain, bersama Grup D.

Awalnya konsep penyelenggaraan Kualifikasi Piala Asia 2021 dibuat dengan sistem home-and-away, meniru konsep Kualifikasi Piala Dunia Basket (FIBA World Cup). Hanya saja, FIBA akhirnya membuat skenario "gelembung", mirip yang dibuat NBA, setelah pandemi virus korona merebak. Ini berlaku untuk jendela kedua (Window 2) yang berlangsung bulan November dan jendela ketiga pada Februari 2021 mendatang.

Berikut jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2021:

Indonesia sebelumnya sudah bertanding dua kali di Britama Arena, Jakarta. Hasilnya, Indonesia kalah 76-109 dari Korea, dan menyerah 70-100 dari Filipina. Dari hasil tersebut, Indonesia berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup A. Klasemen Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021, bisa dilihat di bawah ini:

Saat ini, persiapan Timnas Indonesia sudah memasuki fase akhir. Menurut Fareza Tamrella selaku manajer timnas Indonesia, tim akan berangkat dengan 12 pemain. Jadi akan ada tiga pemain yang dicoret sebelum keberangkatan ke Manama, Bahrain. Sementata, mereka juga masih menunggu Surat Keputusan (SK) dari Presiden RI Joko Widodo untuk pengukuhan status Warga Negara Indonesia (WNI) untuk Lester Prosper dan Brandon Jawato.

"Untuk roster pemain yang akan berangkat ke Manama, kami tetapkan pada tanggal 20 November nanti," katanya.

Sekadar mengingatkan, bahwa format kompetisi untuk kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 dibagi menjadi dua fase. Fase pertama terdiri dari tiga jendela (window). Setiap grup akan diambil dua teratas yang langsung masuk ke babak 16 besar atau babak utama Piala Asia FIBA 2021. Sementara itu, peringkat ketiga masing-masing grup, akan bertanding lagi di Final Qualifiying Tournament. Tujuan turnamen tersebut adalah mencari empat tim yang akan menyusul ke babak utama.

Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat di bagan berikut ini:

(tor)
*bagan dan jadwal diambil dari fiba.basketball
Foto: fiba.basketball