IBL

Penampilan Golden State Warriors belum stabil. Steve Kerr menduga ada yang salah dengan komposisi awal tim tersebut. Dia terlalu berharap pada pemuda seperti James Wiseman. Kali ini, Kerr mengubah strategi dengan memasukkan pemain senior di tim inti (starter). Percobaan pertama sukses, Warriors menang 130-108 atas Minnesota Timberwolves, Senin malam lalu.

Biasanya Kerr memainkan James Wiseman sebagai pemain inti. Meski berkontribusi besar di offense, namun berpengaruh buruk di defense. Kekacauan di pertahanan sering terjadi, dan Wiseman jadi kambing hitamnya. Sebut saja peristiwa ejection Draymond Green minggu lalu. Green dikeluarkan dari permainan setelah menerima technical-foul kedua. Green dianggap berteriak pada wasit. Padahal, Green meneriaki Wiseman yang tidak menempati posisinya saat tim sedang bertahan. Hasilnya, Warriors harus menderita kekalahan. Tanpa Green, pertahanan Warriors kocar-kacir.

Baca Juga: Insiden Draymond Green Menguntungkan Knicks

Akhirnya Steve Kerr memutuskan untuk mengganti Wiseman dengan Kevon Looney pada laga melawan Timberwolves. Kerr melihat ada masalah besar di pertahanan khususnya di kuarter pertama. Kalau mereka tidak konsisten di awal, maka di tiga kuarter sisanya bakal mengalami kesulitan.

"Saya memilih grup yang berisi pemain senior. Grup ini berisi lima pemain kami yang punya pertahanan terbaik," kata Kerr, ketika memutuskan mengganti Wiseman dengan Looney.

Dengan melakukan perubahan ini, hasilnya langsung terlihat. Warriors unggul 34-23 atas Timberwolves di kuarter pertama. Sebuah perubahan yang tepat telah dibuat oleh pelatih Kerr. Sementara itu, Wiseman yang kuat saat menyerang, dimanfaatkan untuk mempertahankan keunggulan di kuarter keempat.

Dalam wawancara dengan ESPN, Kerr menjelaskan alasan kenapa Wiseman bakal duduk di bangku cadangan. Menurutnya, perkembangan Wiseman akan memakan waktu. Sebab pengalamannya di NCAA kurang. Wiseman hanya bermain tiga laga saja di NCAA. Meski pemain itu punya bakat alami, namun bila tidak berpengalaman dalam pertandingan, akan sulit berkembang.

Kerr sendiri sudah mendorong perkembangan itu dengan berbagai cara. Seperti menyuruh Wiseman melihat banyak pertandingan, mengajarinya dalam latihan, hingga membimbing di tengah pertandingan. Namun cara ini akan membutuhkan waktu lama. Sementara, Warriors tidak bisa menunggu lebih lama lagi. Mereka butuh dorongan untuk kembali bersaing di papan atas klasemen Wilayah Barat.

Sebaliknya, pemilihan Kevon Looney untuk mengisi posisi lima, sudah dipertimbangkan dengan matang oleh Kerr. Pemain berusia 24 tahun itu ada di tim Warriors sejak 2015 sampai sekarang. Jadi secara pemahaman strategi bermain, Looney sudah paham betul dengan apa yang diinginkan Kerr. Warriors saat ini tidak punya center murni kecuali Wiseman. Sedangkan, Marquese Chriss yang biasanya dipasang bergantian dengan Wiseman, kini mengalami cedera.

Saat ini, Warriors ada di peringkat delapan dengan rekor pertandingan 9-8. Mereka akan bertemu dengan Timberwolves lagi, pada Rabu, 27 Januari waktu Amerika Serikat. (tor)

Foto: San Francisco Chronicle

Komentar