IBL

Sepertinya James Wiseman mulai menyukai peran barunya di Golden State Warriors. Wiseman justru lebih bersinar setelah Steve Kerr menariknya ke barisan pemain lini kedua. Bahkan di pertandingan Rabu malam, Wiseman jadi pencetak poin terbanyak untuk Warriors.

Kepala pelatih Warriors sudah mengubah strategi timnya sejak Senin lalu. Dia menarik Wiseman ke bangku cadangan, dan memasang Kevon Looney sebagai pemain inti. Ternyata, itu jadi berkah bagi Wiseman. Karena sekarang beban tanggung jawabnya berkurang. Dia lebih fokus dalam mengembangkan permainan. Ini terlihat dalam dua pertandingan terakhir melawan Minnesota Timberwolves.

Pada pertandingan pertama, Senin lalu, Wiseman mencetak 13 poin, empat rebound, dan dua block. Kemudian di pertandingan Rabu malam, Wiseman mencetaka 25 poin dan enam rebound. Dia menjadi pendulang poin terbanyak di laga ini. Bahkan Stephen Curry hanya mencetak 16 poin saja. Strategi memainkan Wiseman dari bangku cadangan sangat tepat. Kepala pelatih Wolves, Ryan Saunders memuji langkah Steve Kerr.

"Seringkali, pemain justru punya beban berat ketika dirinya masuk tim ini. Itu sudah terlihat saat mereka masuk lapangan. Khususnya bagi para pemain muda. Tapi bila sabar menunggu mereka tumbuh dari bangku cadangan, maka akan memetik hasilnya di kemudian hari," ucap Saunders, dilansir nba.com.

Baca Juga: Steve Kerr Ubah Strategi, Tim Inti Warriors Diisi Pemain Senior

Saunders dan Kerr adalah dua pelatih yang timnya punya dua pilihan teratas dalam Draft NBA 2020. Wolves punya Anthony Edwards, dan Warriors memilih Wiseman. Kini keduanya sedang bersaing untuk mendapatkan gelar Rookie of the Year musim ini.

Kedua pemain punya perbedaan dari beban tanggung jawab di tim. Edwards sejak awal sudah masuk lini kedua. Meski dirinya tampil luar biasa, Ryan Saunders tidak memasukkannya ke tim inti. Bahkan ketika Wolves kesulitan karena Karl-Anthony Towns dinyatakan positif Covid-19. Edwards tetap muncul dari bangku cadangan. Edwards mencetak rata-rata 12,3 poin, 2,8 rebound, dan 1,6 asis per pertandingan.

Sementara Wiseman masuk ke Warriors disambut dengan ekspektasi tinggi. Dia diharapkan jadi center utama tim, karena itu yang jadi kelemahan Warriors selama ini. Justru Wiseman mengalami tekanan mental yang berakibat pada penurunan performa. Di sisi lain, pertahanan Warriors juga makin lemah, sehingga penampilan mereka tidak stabil. Namun ketika ditarik ke bangku cadangan, tampaknya Wiseman bisa lebih fokus mengembangkan permainannya. Sampai saat ini, Wiseman sudah mencetak rata-rata 11,9 poin, 5,9 rebound, dan 0,6 asis per pertandingan.

Minggu ini, Wisman dan Edwads masuk lima besar pemain debutan dengan penampilan terbaik. Tiga pemain lain antara lain LaMelo Ball dari Charlotte Hornets, Tyrese Haliburton dari Sacramento Kings, dan Cole Anthony dari Orlando Magic. (tor)

Foto: ESPN

 

Komentar