IBL

Golden State Warriors melalui akun twitter resmi klub mengabarkan perkembangan cedera Klay Thompson. Operasi untuk memperbaiki Achilles kanan yang robek berjalan lancar. Dr. Richard Ferkel dari Los Angeles berharap agar Thompson mau absen sepanjang musim NBA 2020-21 agar bisa pulih sepenuhnya.

Pemain berusia 30 tahun tesebut mengalami cedera saat berlatih di Los Angeles pada 18 November 2020 lalu. Juara NBA tiga kali dan NBA All-Star lima kali tersebut sudah absen sepanjang musim 2019-2020 karena cedera ACL kiri yang didapatkan saat Final NBA 2019 (13 Juni 2019). Thompson sudah menunjukkan tanda-tanda akan kembali musim depan. Tetapi badai cedera melanda lagi. Dia harus absen satu musim lagi.

Banyak rumor beredar tentang masa depan Warriors. Khususnya ketika mereka kembali menduduki status bukan tim unggulan di liga. Ini karena hanya Stephen Curry dan Draymond Green yang bakal jadi tulang punggung tim. Tetapi Curry tidak mau menyerah begitu saja.

"Kami tahu kami bisa bersaing dengan siapa pun di liga. Kami tahu betapa hebatnya Klay. Tapi jangan salah paham. Kami akan membalas kegagalan musim lalu," kata Curry kepada Marc Spears dari The Undefeated.

"Kami tahu Los Angeles Lakers adalah juara bertahan. Kami harus mengalahkan mereka. Kami siap untuk itu."

Phillip Barnet dari USA Today menulis bahwa Warriors lemah tanpa Thompson. Alasannya, Thompson mampu memberi dampak pada saat menyerang dan bertahan, khususnya di area perimeter. Inilah yang membuat Thompson tidak tergantikan di Warriors.

Warriors tampaknya mencoba mencari solusi dari masalah ini. Mereka mendapatkan Kelly Oubre Jr. dari OKC Thunder. Kemudian, Warriors juga merekrut pemain perimeter seperti Kent Bazemore dan Brad Wanamaker dari pasar bursa pemain "free agent".

Namun ada beberapa hal yang akan membuat Warriors berbeda musim depan. Thompson adalah pemain yang mampu mencetak persentase tembakan tripoin sebesar 41 persen. Sementara Oubre dan Andrew Wiggins merupakan pemain dengan persentase tripoin 33 persen. Warriors tidak akan bisa membuat hujan tripoin seperti musim 2018-2019 lalu.

Meski begitu, Warriors punya cara lain untuk mencetak poin. Curry yang masih jadi momok menakutkan bagi lawan, akan menarik pemain lawan sebanyak-banyaknya keluar dari paint area. Setelah itu, beberapa pemain bisa memanfaatkan longgarnya pertahanan lawan. Pemain yang bisa melakukan hal tersebut yaitu James Wiseman, Oubre dan Wiggins. Mereka masih muda dan atletis, sehingga bisa menembus area kunci lawan.

Sementara itu, meski bukan penembak jitu yang bagus di liga, Wanamaker dan Bazemore tercatat punya persentase tembakan tripoin di atas 36 persen. Mereka bisa membantu Curry menghujani ring lawan dengan temakan tiga angka.

Warriors tidak akan menemukan pengganti Klay Thompson. Dia telah tampil dalam 615 pertandingan musim reguler selama sembilan tahun karir NBA-nya, dengan mencetak rata-rata 19,5 poin, 3,5 rebound dan 2,3 asis dalam 33,1 menit per pertandingan. Namun, tanpa Thompson, bukan berarti Warriors menjadi tim yang lemah. Steve Kerr tentu mencari cara lain agar mereka tetap bisa bersaing mendapatkan gelar juara NBA 2021. (tor)

Foto: Sportcasting

Komentar