IBL

Enes Kanter akan mengarungi musim 2020 – 2021 bersama Portland Trail Blazers. Setelah mengambil “opsi pemain” senilai AS$5 juta, Blazers langsung mengajukan paket pertukaran kepada Boston Celtics, tim tempat Kanter kini bernaung. Tidak hanya melibatkan dua tim, Memphis Grizzlies juga masuk dalam pertukaran ini. Kanter menyebrang ke Blazers, Mario Hezonja dan pemain yang terpilih di urutan ke-30 NBA Draft 2020, Desmond Bane, ke Grizzlies, sedangkan Celtics mendapatkan hak pilih dari Grizzlies. Kesepaktan ini disampaikan oleh ESPN.

Blazers bukanlah tempat baru untuk Kanter. Pada paruh kedua musim 2018 – 2019, Kanter juga pernah bermain untuk Blazers setelah menyebrang dari New York Knicks. Dalam 23 gim musim reguler, ia mencetak 13,1 poin dan 8,6 rebound per gim dengan rataan bermain 22,3 menit.

Peran lebih besar dimainkan Kanter di playoff seiring cedera yang mendera Jusuf Nurkic. Mendapatkan jatah bermain sampai 28,8 menit, Kanter menyumbang 11,4 poin dan 9,7 rebound. Kanter jadi tulang punggung Blazers di area kunci untuk melakukan rebound dan juga menyiapkan tembok (screen) untuk dua garda andalan Blazers, Damian Lillard dan C.J. McCollum.

(Baca juga:Demi Robert Covington, Blazers Lepas Trevor Ariza dan Hak Pilih Putaran Pertama)

Dengan kembalinya Kanter, maka tradisi Blazers dalam mengumpulkan senter-senter konvensional masih terjaga. Musim lalu, Nurkic mendapatkan pelapis dalam diri Hassan Whiteside. Whiteside sendiri berstatus unrestricted free agent di jeda musim ini. Akan tetapi, prekrutan Kanter rasanya telah menutup peluang kembalinya Whiteside ke Blazers.

Meski selalu berhasil lolos ke playoff sejak 2014, Blazers tak pernah masuk ke final NBA. Prestasi terbaik mereka terjadi pada musim 2018 – 2019, saat Kanter ada tim. Blazers berhasil mengandaskan perlawana Oklahoma City Thunder di putaran pertama (4-1) dan Denver Nuggets di semifinal (4-3). Sayangnya, mereka harus berhadapan dengan Golden State Warriors dengan kekuatan nyaris penuh (tanpa Kevin Durant) di final Wilayah Barat. Warriors menang empat gim tanpa balas kala itu.

Kanter bukanlah pemain pertama yang didatangkan Blazers di jeda musim ini. Sebelumnya, tim asuhan Terry Stotts ini sudah mengakusisi Robert Covington dari Houston Rockets. Masuknya dua pemain ini memperdalam susunan pemain Blazers sekaligus memberikan pengalaman dan ketangguhan bertahan utamanya di posisi senter dan forwarda.(DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar