IBL

Joe Biden terpilih sebagai presiden Amerika Serikat setelah mengalahkan Donald Trump dalam pemilu presiden Amerika Serikat awal bulan ini. Kemenangan Biden memunculkan rumor untuk mengembalikan tradisi Barrack Obama untuk mengundang juara liga olahraga berkunjung ke Gedung Putih (White House). LeBron James pun mau berkunjung bila mendapat undangan dari Biden.

Tradisi juara liga olahraga, termasuk NBA berkunjung ke Gedung Putih sudah dilakukan sejak lama. Presiden George W. Bush pernah melakukannya. Kemudian semakin viral ketika era kepemimpinan presiden Barrack Obama. Tetapi tradisi ini hilang saat Amerika Serikat dipimpin Donald Trump.

LeBron James dan Cleveland Cavaliers tercatat sebagai tim terakhir yang berkunjung ke Gedung Putih, saat mereka menjadi juara NBA 2016. Lalu selama empat tahun Trump menjabat, tidak ada tim NBA yang melakukan kunjungan tersebut, termasuk juara liga olahraga lainnya.

Setelah terpilihnya presiden Joe Biden, dan wakilnya Kamala Harris pada Sabtu pagi, waktu Amerika Serikat, bintang Golden State Warriors Draymond Green mencolek LeBron James dalam akun twitter-nya. Green mengatakan kalau Los Angeles Lakers bakal jadi klub pertama NBA yang kembali mengunjungi Gedung Putih, untuk melanjutkan tradisi mereka.

Warriors pernah mengunjungi Gedung Putih setelah mereka juara tahun 2015. Lalu mereka menolak berkunjung tahun 2017 dan 2018, yang menyulut amarah Donald Trump. Presiden Amerika Serikat itu menyebut bahwa apa yang dilakukan Warriors merupakan tindakan penghinaan terhadapnya. Sejak saat itu, Trump berupaya memusuhi pemain NBA, melontarkan kritik atas perjuangan mereka menuntut keadilan sosial. Terbaru, LeBron James yang terlibat perdebatan di media dengan Trump.

Tampaknya ini jadi pertanda baik bagi hubungan NBA dan pemerintah Amerika Serikat. Meski belum ada rencana kunjungan, tapi setidaknya para pemain bisa kembali fokus untuk menyambut musim baru 2020-2021 dengan tenang. Sebab, musim baru akan dimulai pada 22 Desember mendatang. Sementara itu, Biden dan Harris akan dilantik secara resmi pada Januari 2021. (tor)

Foto: Lakers Daily

Komentar