IBL

Golden State Warriors kembali ke White House sebagai juara NBA pada hari Selasa, 17 Januari 2023, waktu Amerika Serikat. Ini merupakan kunjungan juara NBA pertama sejak kepresidenan Barack Obama. Warriors tidak pernah berkunjung ke White House meskipun memenangkan dua gelar juara saat mantan Presiden Donald Trump menjabat.

"Saya tahu tim yang kami hormati hari ini memahami apa yang diperlukan untuk bekerja sama. Izinkan saya mengatakan bahwa Golden State Warriors selalu diterima di White House ini," kata Presiden Joe Biden, di Ruang Timur sambil menyambut tim dan merujuk konflik masa lalu mereka dengan Trump. 

Menyusul kemenangan mereka di tahun 2017, Warriors tidak melakukan perjalanan ke Washington setelah Trump menarik undangan biasa ke Gedung Putih ketika Stephen Curry, salah satu bintang tim, mengindikasikan dia akan memilih untuk tidak ikut berkunjung. Pada 2018, sebelum Warriors menyapu Cleveland Cavaliers untuk menjadi juara sekali lagi, Trump mengatakan tidak akan mengundang salah satu tim. Sebelumnya, LeBron James dan Curry sama-sama mengatakan tim mereka tidak tertarik untuk hadir meski ada undangan dari White House.

Warriors memulai kunjungan mereka ke Washington minggu ini setelah mengalahkan Washington Wizards, 127-118, pada Hari Martin Luther King Jr.. Presiden juga mengakui peran Warriors di luar lapangan. "Lihatlah apa yang dilakukan tim ini: berbicara menentang rasisme, membela kesetaraan. Maksud saya berbicara lantang menentang rasisme. Memperjuangkan kesetaraan, mendorong orang untuk memilih, memberdayakan anak-anak dan keluarga mereka untuk makan sehat, belajar dan bermain di tempat yang aman, menggalang negara melawan kekerasan bersenjata," katanya.

Curry mengucapkan terima kasih kepada presiden karena telah menjamu timnya dan menghadiahkan Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris dengan seragam tim Warriors dengan namanya. "Kami adalah tim, kami melakukannya bersama. Dan bisa merayakan kejuaraan kami bersama Anda di sini, itu sangat berarti," kata Curry.

Upacara Ruang Timur dihadiri oleh keluarga pemain, legenda musik Bay Area seperti E-40 dan anggota delegasi kongres California. Sebelum upacara Ruang Timur, pelatih kepala Curry dan Warriors Steve Kerr mampir ke ruang rapat White House, yang penuh dengan wartawan. Dia juga berterima kasih kepada pemerintahan Biden atas upaya membebaskan bintang WNBA Brittney Griner, yang ditahan di Rusia.

Pelatih Kerr mengatakan dia berpartisipasi dalam diskusi meja bundar tentang kekerasan bersenjata bersama dengan staf senior White House, bersama Klay Thompson dan Moses Moody. "Kami belajar banyak tentang apa yang dilakukan pemerintahan ini untuk membantu menciptakan lingkungan yang lebih aman di negara kami, sesuatu yang sangat dekat dengan hati saya. Dan sungguh luar biasa bagi saya untuk belajar lebih banyak dari yang saya tahu. Jadi datang hari ini - ini adalah hari yang luar biasa di banyak bidang," kata Kerr.

"Dub Nation ada di rumah!" seru wakil presiden, penduduk asli Bay Area, saat dia memperkenalkan Warriors ke Gedung Putih sekali lagi. 

Draymond Green mengatakan kepada ABC News bahwa perjalanan itu merupakan "kehormatan yang luar biasa". "Sebagai seorang anak yang tumbuh di Saginaw, Michigan, Anda hanya bermimpi melihat White House, apalagi memiliki kesempatan untuk hadir. Jadi bagi kami untuk memiliki kesempatan ini benar-benar luar biasa," katanya.

Green mengatakan mungkin ada calon penghuni White House dari klub mereka juga. "Saya pikir pidato Steph luar biasa. Dan, saya pikir suatu hari Steph bisa mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat. Orang yang lebih baik apa? Cerdas, dia juga bisa menyatukan semua golongan, dia tidak benar-benar pernah membuat kesalahan. Jadi, mengapa tidak?" tutup Green. (*)

Foto: CNN

Komentar