IBL

Meski narasi yang terbentuk ke media cukup buruk seiring kegagalan Los Angeles Clippers musim ini, nama Doc Rivers masih cukup menarik perhatian tim-tim NBA. Sempat dirumorkan dilirik beberapa tim yang belum memiliki pelatih, Doc akhirnya merapat ke Philadelphia 76ers tiga hari setelah mengundurkan diri dari Clippers.

Kesepakatan yang terjadi antara keduanya terbilang cepat mengingat laporan menyebutkan Doc hanya perlu sekali ke Philadelphia dan langsung selesai. ESPN menyebutkan bahwa Doc dan Sixers menyepakati kerja sama selama lima tahun ke depan. Dengan ini, Doc resmi kembali bertarung di Wilayah Timur selepas meninggalkan Boston Celtics pada 2013 lalu.

Terpilihnya Doc tak hanya cepat, melainkan juga langsung meruntuhkan banyak spekulasi. Sebelum Doc, nama mantan pelatih Houston Rockets, Mike D’Antoni, diyakini jadi yang terdepan. Pelatih yang akrab disapa MDA ini bahkan dikabarkan telah melakukan pembicaraan dalam level yang cukup serius. Namun, Doc datang dan tampaknya langsung meyakinkan manajemen Sixers.

(Baca juga: Doc Rivers Pamit dari LA Clippers Setelah Tujuh Tahun Bersama)

Doc akan melakukan reuni dengan mantan pemainnya di Clippers, Tobias Harris. Harris sendiri sedang mendapat sorotan seiring penurunan performa yang ia alami, utamanya di playoff. Harris diyakini adalah sosok yang bagus untuk memimpin Sixers di luar lapangan, tapi secara performa di dalam lapangan, ia tak memberikan hal yang sama.

“Selamat datang di kota Philadelphia @DocRivers!!!! Tidak sabar menanti pekerjaan kita di masa depan dan apa yang akan kita bangun bersama di sini #PhillyForever,” tulis bintang Sixers, Joel Embiid, di akun twitter pribadinya menyambut kesepakatan Doc dan Sixers.

Joel sendiri akan menjadi fokus utama Doc dan organisasi Sixers secara keseluruhan. Manajer Umum Sixers, Elton Brand, sudah bicara ke media bahwa ia tidak akan menukar Joel atau Ben Simmons. Dengan ini, Doc harus mencari ramuan terbaik untuk membantu keduanya berkembang dan membuat Sixers melaju lebih jauh di musim-musim depan.

Di sisi lain, sambutan ramah Joel in juga bisa jadi pertanda bahwa ia nyaman dengan Doc. Pasalnya, setelah tersingkir di playoff, banyak pengamat yang tidak yakin Joel masih bahagia di Sixers. Spekulasi semakin kencang seiring cuitannya yang mendukung mantan rekan setimnya, Jimmy Butler dan Miami Heat. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar