IBL

Philadelphia 76ers jadi tim yang paling penuh spekulasi sejak mereka resmi tersingkir dari playoff NBA 2020. Pemecatan atas kepala pelatih mereka, Brett Brown, memunculkan deretan nama kandidat pengganti yang terus berhembus kencang. Mike D’Antoni yang mundur dari Houston Rockets sejauh ini diyakini sebagai pelari terdepan sedangkan masih ada nama seperti Tyronn Lue, Dave Joerger, hingga asisten Brown, Ime Udoka.

Di samping urusan pelatih, Sixers juga terus dihadapkan pada spekulasi perubahan komposisi skuad. Skuad tinggi menjulang Sixers yang bermaterikan Ben Simmons, Josh Richardson, Tobias Harris, Al Horford, dan Joel Embiid ternyata gagal berbicara banyak musim ini baik di reguler atau playoff. Skuad seperti ini jelas bermasalah pada satu hal, tripoin.

(Baca juga: Gagal Total di Playoff, Philadelphia 76ers Pecat Brett Brown)

Di musim reguler, Sixers memang terlihat tak terlalu bermasalah dengan hal ini. Akurasi tripoin mereka secara tim sebesar 36,8 persen, ada di urutan kesembilan di liga. Akan tetapi, secara jumlah percobaan, mereka hanya melepaskan 31,6 percobaan per gim, urutan ke delapan terbawah NBA. Di playoff, Sixers “terbunuh” karena tak memiliki penembak jitu yang konsisten. Mereka jadi tim dengan akurasi tripoin terburuk di playoff dengan hanya 26,4 persen. Jumlah percobaan mereka juga paling sedikit di playoff dengan 30,3 percobaan per gim.

Atas hal ini, Sixers diyakini akan mencari penembak jitu di pasar pemain bebas dan salah satu nama yang muncul ke permukaan adalah penembak Sacramento Kings, Buddy Hield. Bak gayung bersambut, Buddy seolah memberikan kode kepada Sixers dengan menyukai unggahan tentang spekulasi ini. Sudah menjadi rahasia umum, gesture seperti ini biasanya menandakan bahwa pemain tersebut seolah sepakat dengan spekulasi yang ada dan berharap hal itu terwujud.

Buddy sendiri tampak tak terlalu nyaman di Kings meski di awal ini baru menyepakati kontrak baru selama empat musim sebesar AS$94 juta. Alasannya, di tengah musim Buddy digeser ke bangku cadangan digantikan oleh Bogdan Bogdanovic. Meski secara angka Buddy menunjukkan peningkatan, pergeseran peran seperti ini tak mudah diterima semua pemain. Musim ini Buddy memiliki rataan 19,2 poin, 4,6 rebound, dan 3,0 asis dengan akurasi tripoin 39,4 persen per gim.

(Baca juga: Kontrak Baru, Jalan Damai Buddy Hield dan Sacramento Kings)

Kontrak panjang Buddy membuat satu-satunya cara untuk mendapatkannya adalah dengan pertukaran pemain. Elton Brand, Manajer Umum Sixers, sudah berujar bahwa tak akan menukar Simmons atau Embiid. Dengan ini, peluang terbaik untuk Sixers mendapatkan Buddy adalah dengan mengirim Horford, Harris, atau Richardson ke Kings. Masalah terburuknya, dua pemain yang disebut pertama memiliki kontrak yang luar biasa besar dan itu kemungkinan akan membuat Sixers harus menyertakan beberapa hak memilih NBA Draft. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar