IBL

Satu hari setelah tersingkir dari playoff secara sapu bersih oleh Boston Celtics, Philadelphia 76ers langsung mengambil langkah besar. Melalui rilis resmi, Sixers mengumumkan pemecatan kepala pelatih mereka, Brett Brown. Manajer Umum Sixers yang juga mantan pemain mereka, Elton Brand, menegaskan bahwa Sixers akan secepatnya mencari pengganti Brown.

“Saya punya tingkat hormat yang tinggi kepada Brown secara personal dan atas profesionalitas yang ia tunjukkan selama ini. Saya juga menghargai semua yang telah ia lakukan kepada organisasi ini dan juga kota Philadelphia sendiri,” ujar Brand. “Ia telah melakukan banyak hal positif selama di sini. Mengembangkan para pemain muda dan membantu tim ini untuk lolos tiga kali beruntun ke playoff di tiga musim terakhir.”

“Sayangnya, kita gagal mencapai target kita untuk musim ini dan saya yakin ini adalah waktu yang terbaik untuk menentukan arah masa depan organisasi ini. Jeda musim nanti akan menjadi jeda musim yang penting untuk kami untuk kembali membangun semua dan kembali ke peta persaingan juara untuk NBA musim-musim selanjutnya,” tutup Brand.

(Baca juga: Boston Celtics Sapu Bersih Philadelphia 76ers)

Brown telah menangani Sixers selama tujuh tahun. Ia adalah pelatih ke-25 sepanjang sejarah organisasi. Brown adalah tokoh utama di balik era “Trust the Procces” yang digaungkan Sixers beberapa tahun terakhir. Ia juga sosok yang memilih pemain-pemain seperti Joel Embiid, Ben Simmons, Markelle Fultz, hingga Dario Saric.

Secara keseluruhan, Brown memimpin Sixers dalam 492 gim. Ia hanya menorehkan 178 kemenangan (36 persen persentase kemenangan) yang mayoritas ia bukukan hanya dalam tiga musim terakhir. Di playoff, rekor Brown lebih baik dengan catatan persentase kemenangan di angka 54 persen (22-12). Musim lalu jadi pencapaian terbaik Brown dan Sixers karena berhasil lolos hingga semifinal Wilayah Timur dan memaksa juara NBA, Toronto Raptors, untuk memastikan kelolosan mereka hingga tembakan terakhir.

Sixers adalah tim pertama yang Brown pimpin di NBA. Sebelumnya, di kurun 2002 – 2013 pelatih asal Australia ini adalah direktur pengembangan pemain di San Antonio Spurs. Selain di NBA, Brown juga menjadi Kepala Pelatih Australia di Piala Dunia FIBA 2019 lalu.

(Baca juga: New Orleans Pelicans Memberhentikan Alvin Gentry)

Terpisah, ESPN mengabarkan bahwa Brown hanyalah orang pertama dari gelombang perombakan besar Sixers. Meski Brand dipastikan aman dari perombakan ini, ESPN meyakini akan terjadi banyak perubahan baik secara manajerial hingga pelatih atau bahkan pemain. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar