IBL

New Orleans Pelicans akan mencari kepala pelatih baru untuk Zion Williamson dan kawan-kawan untuk musim depan. Ini karena Alvin Gentry sudah tak lagi bertugas sebagai pelatih. Pelicans memecat Gentry setelah tidak berhasil lolos ke playoff empat musim terakhir.

Gentry sudah bertugas selama lima musim dengan rekor pertandingan 175-225. Pelatih berusia 65 tahun itu hanya mampu meloloskan Pelicans ke playoff satu kali. Terakhir, Pelicans kalah 2-6 di "gelembung" NBA, yang menjadikan mereka tersingkir dari persaingan playoff. Musim ini, Pelicans mencetak rekor 30-42. Kehadiran pemain pilihan teratas dalam draft NBA, Zion Williamson, dan Brandon Ingram belum mampu membuat Pelicans lolos playoff.

Tapi David Griffin sebagai wakil presiden basket Pelicans menegaskan bahwa ini memang bagian dari rencana tim. Mereka akan tetap mengganti pelatih meski Pelicans lolos playoff. "Kemenangan dan kekalahan tidak ada hubungannya dengan ini," kata Griffin. "Ini benar-benar murni tentang proses. Ini tentang visi bersama bagaimana kami akan maju."

Sementara itu, Griffin menolak untuk menjawab pertanyaan spesifik tentang kandidat potensial. Griffin hanya mengatakan sebagian kandidat pelatih berada di staf tim yang sedang melakukan playoff. "Kami tidak akan terburu-buru. Kami memiliki pekerjaan yang paling menarik di NBA," kata Griffin. "Sangat sulit untuk menemukan suara yang tepat dengan kelompok yang tepat."

Griffin telah mengenal Gentry sejak keduanya bekerja untuk Phoenix Suns dari 2004 hingga 2010, dan mengatakan keputusan untuk mengganti pelatih sangat sulit pada tingkat manusia. Griffin juga menekankan bahwa kemampuan melatih Gentry tidak pernah diragukan.

Gentry datang ke New Orleans dari Golden State Warriors, di mana dia menjadi asisten top di bawah Steve Kerr ketika Warriors memenangkan gelar NBA tahun 2015. Dia juga pernah menjabat sebagai kepala pelatih di Miami Heat, Detroit Pistons, LA Clippers dan Phoenix Suns, mengumpulkan rekor kepelatihan 510-595 sepanjang kariernya.

Pelicans melaju 175-225 di musim pertama Alvin Gentry. Ini terjadi setelah mantan manajer Pelicans Dell Demps memecat Monte Williams di musim 2014-2015.

Selanjutnya, Pelicans berhasil lolos playoff di musim ketiga Gentry. Pelicans menyapu Portland Trail Blazers di babak pertama, namun akhirnya kalah dari Golden State Warriors di babak kedua.

Musim berikutnya, Pelicans terpuruk. Beberapa pemain cedera, dan puncaknya Anthony Davis pindah ke Los Angeles Lakers yang menyebabkan Demps dipecat. Gentry tetap dipertahankan, karena pengganti Demps adalah David Griffin yang merupakan sahabatnya.

Di musim terakhir, Pelicans memiliki tiga pemain muda potensial yaitu Williamson, Ingram dan Lonzo Ball. Selanjutnya, Pelicans juga punya tiket draft simpanan yang mereka dapatkan dari perdagangan Anthony Davis.

"Saya ingin berterima kasih kepada Alvin atas kontribusinya pada Pelicans. Kami percaya bahwa membuat perubahan kepelatihan diperlukan saat ini. Saya sangat menghargai kepemimpinan, dedikasi, dan ketekunan Alvin melalui beberapa keadaan yang menantang selama lima musim terakhir," kata pemilik tim, Gayle Benson.(tor)

Foto: NBA

Komentar