IBL

Russell Westbrook dan James Harden kembali ke tempat yang sangat familiar yaitu di ambang eliminasi semifinal. Westbrook juga selalu tereliminasi di semifinal saat masih bersama Oklahoma City Thunder. Sedangkan James Harden menghadapi eliminasi semifinal ketiga dalam empat musim terakhir.

Rockets berada di ambang eliminasi, setelah kalah 110-100 dari Los Angeles Lakers di Gim 4 Semifinal Wilayah Barat, Kamis malam, 10 September. Rockets kini tertinggal 1-3 di seri ini. Kedua mantan MVP, Harden dan Westbrook, pasti sudah bosan mengadapi hal tersebut.

"Nomor satu, urus permainan di depan kita," kata Westbrook. "Ini jelas, menang atau pulang. Jadi kami harus bisa memastikan tidak terbebani dengan hal di luar pertandingan."

Dua megabintang itu punya tujuan bersama musim ini. Mereka ingin membuat kemungkinan juara lebih besar dengan bermain bersama. Tetapi justru hanya menambah jumlah perhatian saja, tidak meningkatkan pencapaian mereka. Apalagi, mereka harus bertemu Lakers di semifinal. Tim yang sedang mencari gelar juara, yang punya LeBron James dan Anthony Davis.

Harden telah mengalami kekalahan playoff beruntun di tangan Golden State Warriors. Sementara Westbrook bisa melaju ke putaran kedua musim ini, sejak dirinya berpisah dengan Kevin Durant di Thunder. Setidaknya, Westbrook sudah merasakan kembali tampil di semifinal wilayah.

Baca Juga: Russell Westbrook ke Semifinal NBA Lagi Setelah 4 Musim

Dan sekarang, mereka harus mencoba untuk bangkit dari ketertinggalan 1-3 di semifinal. Westbrook dan Harden harus meyakinkan satu sama lain bahwa masih ada peluang di "gelembung" ini.

"Kami hanya harus kembali ke hal yang memberi kami peluang terbaik untuk menang. Kami harus bisa memenangkan gim selanjutnya," imbuh Westbrook.

Setelah memenangkan gim pertama, Rockets punya keyakinan bahwa mereka bisa menundukkan Lakers. Tetapi beberapa hari terakhir, semuanya berantakan. Lakers, yang dipimpin oleh LeBron James dan Anthony Davis, melakukan penyesuaian pada skema bola kecil Rockets. Belum lagi, Danuel House Jr. yang belakangan jadi starter, malah tidak bermain. Bukan karena cedera, melainkan pelanggaran protokol kesehatan. Kabar terbaru, House justru diusir dari "gelembung" NBA.

Baca Juga: Hasil Investigasi Resmi, Danuel House Jr. Dikeluarkan dari 'Gelembung' NBA

Dua dinamis ini harus menghadapi eliminasi bersama. Seharusnya mereka lebih kuat. Bukan hanya soal persahabatan saja, tetapi bila tidak berhasil ke final musim ini, Westbrook kemungkinan bisa pergi. New York Knicks sudah siap memboyong Westbrook. Menjadikannya wajah baru di tim untuk musim depan.

Baca Juga: 3 Bintang NBA yang Diburu New York Knicks

Mereka akan memiliki setidaknya satu kesempatan lagi untuk mengeluarkan semua yang mereka miliki. Memaksa Lakers ke gim penentuan. Memang terlihat sulit, tetapi Westbrook dan Harden akan mencobanya.

"Maksudku, tidak ada yang bisa kami lakukan sekarang," kata Harden. "Kami akan membawa energi yang sama dengan kuarter keempat gim 4, ke pertandingan gim 5 nanti." (tor)

Foto: NBA

Komentar