IBL

Pemain Houston Rockets Russell Westbrook tersenyum gembira ketika timnya berhasil menyingkirkan Oklahoma City Thunder dari persaingan Playoff 2020. Melaju ke Semifinal Wilayah Barat sangat berarti bagi Westbrook. Pasalnya, dirinya sudah empat musim tidak pernah sampai ke putaran kedua. Sejak masih membela Thunder.

Dalam kemenangan Gim 7 Playoff Putaran Pertama, Westbrook mencetak 20 poin dengan akurasi 9 dari 20 percobaan tembakan (45 persen). Ia menambahkan sembilan rebound (kedua setelah Robert Covington), dan membantu Rockets memperkecil kedudukan 44-46 di kuarter kedua. Kemudian yang paling penting, Westbrook hanya melakukan dua turnover saja.

Sementara Harden menjadi fasilitator utama selama menit-menit terakhir, Westbrook hadir sebagai pencetak poin alternatif. Ia mendorong Rockets unggu 13-8 di delapan menit terakhir, yang memberi Houston kemenangan mendebarkan.

Untuk menutup semuanya, di detik terakhir permainan, Westbrook menghentikan mantan rekan-rekannya mendapatkan kesempatan menembak dengan pertahanan yang baik. Thunder yang tertinggal 102-104 dengan 1,1 detik tersisa, Westbrook memilih untuk tidak menjaga Shai Gilgeous-Alexander sebagai inbounder dari sayap kiri. Westbrook awalnya menjaga pergerakan Danilo Gallinari, namun dia segera mengubah arah berlari ketika Gilgeous-Alexander mulai kehilangan waktu dan mencoba melempar bola ke Steven Adams. Upaya Thunder mendapatkan kesempatan menembak akhirnya gagal.

Westbrook memang sangat mengenal pergerakan Steven Adams. Apalagi mereka pernah bermain bersama di bawah asuhan Billi Donovan, sebelum Westbrook pergi ke Rockets pada bulan Juli 2019 lalu.

"Ya, saya agak tahu sedikit. Karena saya tahu mereka kehabisan waktu dan saya tahu ke mana arah bola. Saya hanya mencoba untuk mengacaukannya. Tidak ada cukup waktu untuk membuat satu tangkapan lagi," kata Westbrook setelah gim selesai. "Saya pikir secara defensif, kami menempatkan diri pada posisi untuk menutup permainan lawan."

Dengan kemenangan tersebut, Rockets maju ke babak kedua playoff untuk menantang tim bertabur bintang Los Angeles Lakers. Ini adalah semifinal pertama bagi Westbrook sejak 2016 silam . Tip-off Gim 1 Semifinal Wilayah Barat akan berlangsung pada hari Jumat, 4 September waktu Amerika Serikat. (tor)

Foto: NBA/Rockets

Komentar