IBL

New York Knicks berniat membongkar roster mereka untuk menyambut musim 2020-2021. Diawali dari staf kepelatihan, Knicks mendatangkan Mike Woodson untuk meringankan tugas Tom Thibodeau. Kali ini, Knicks dikabarkan sedang berburu tiga bintang NBA. Mereka rela melepaskan beberapa pemain demi mendapatkan salah satu dari ketiga bintang tersebut.

Manajemen Knicks kecewa dengan performa tim musim ini. Finis di urutan ke-12 dengan rekor pertandingan 21-45. Tetapi Knicks tak mau gegabah seperti tim-tim lain yang memecat pelatihnya. Justru kali ini manajemen membantu Tom Thibodeau memperbaiki komposisi pemain. Namun sebelum itu, mereka mendatangkan Mike Woodson. Seorang pelatih yang bisa membawa Knicks ke playoff musim 2012 dan 2013.

Baca Juga: Kecewa Performa Musim Ini, Manajemen Knicks Panggil Kembali Mike Woodson

Di sisi komposisi pemain, Knicks mulai bergerilya untuk mendapatkan bintang NBA. Setelah Carmelo Anthony pergi, dan Kristaps Porzingis menyusul di tahun 2019 lalu, praktis Knicks tidak punya bintang. Tim ini kehilangan daya tarik di liga. Oleh sebab itu, pada jeda kompetisi nanti, Knicks akan berburu pemain bintang.

Ada tiga nama yang mega bintang NBA yang menjadi sasaran perburuan mereka. Berikut daftarnya:

1. Chris Paul

New York Knicks mendapatkan: Chris Paul
Oklahoma City Thunder mendapatkan: Julius Randle, Elfrid Payton, Wayne Ellington, dan tiket Draft Pick No.8 pada NBA Draft 2020

Knicks tetap tertarik mendatangkan Chris Paul, meski usianya sudah tidak muda lagi. Tetapi sebagai seorang bintang, Paul kembali bersinar musim ini. Paul telah menunjukkan pada dunia bahwa dirinya belum habis. Dia dibuang Houston Rockets ke Oklahoma City Thunder untuk menukarnya dengan Russell Westbrook. Tetapi justru Paul menemukan kehidupan baru di Thunder.

Paul memimpin Thunder sampai ke playoff. Dia berhasil membuat komposisi pemain Thunder yang compang-camping, menjadi tim yang layak masuk playoff. Mereka juga berhasil menantang Rockets di putaran pertama, hingga akhirnya kalah di gim ketujuh.

Meski bukan bintang baru, tetapi Chris Paul punya hal yang sangat dibutuhkan Knicks, yaitu jiwa pemimpin. Paul akan membawa kedewasaan bermain sekaligus bertugas sebagai pengatur serangan. Knicks sebenarnya punya pemain muda potensial. Sebut saja RJ Barrett, Mitchell Robinson, Kevin Knox, dan Frank Ntilkina. Mereka butuh pemain yang punya jiwa kepemimpinan di tim ini.

Perdagangan ini terasa masuk akal bagi kedua tim. Sebab Thunder juga membutuhkan pemain muda untuk pengembangan tim di sekitar Shai Gilgeous-Alexander yang menjadi pusatnya. Pemain seperti Wayne Ellington dan Elfrid Payton akan berguna untuk rotasi pemain.

Sementara itu, pada akhir musim 2021 mendatang, kontrak Steven Adams dan Dennis Schroder dengan Thunder berakhir. Ini akan membuat Thunder punya ruang untuk membangun kembali timnya. Misalnya jual-beli dengan Knicks sukses, mereka punya tabungan tiket Draft yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan tim.

2. Russell Westbrook

New York Knicks mendapatkan: Russell Westbrook
Houston Rockets mendapatkan: Julius Randle, Frank Ntilikina, Wayne Ellington, dan tiket Draft Pick putaran pertama tahun 2022

Secara teori, pembelian Russell Westbrook adalah ide bagus untuk Knicks. Mereka bisa mendapatkan mantan MVP, pemain berlabel bintang yang masih ada di puncak kariernya, dan bisa mengikatnya selama empat tahun ke depan.

Westbrook suka sekali menembak. Itu bagus bagi tim yang membutuhkan garda utama yang dominan memegang bola dan melepaskan banyak tembakan. Sementara, di Rockets, Westbrook harus bersaing dengan James Harden untuk mendapatkan bola. Ini bisa membawa masalah.

Kenyataannya Rockets juga kesulitan ketika memainkan Westbrook dan Harden dalam satu waktu. Awalnya mereka beranggapan bahwa Russ dan Harden sudah saling mengerti satu sama lain, karena sudah lama bermain bersama di OKC Thunder. Namun Harden yang dulu bukan seperti sekarang di Rockets. Dulu Harden hanya pemain untuk opsi ketiga atau keempat. Itu setelah Kevin Durant dan Russell Westbrook dijaga ketat atau istirahat.

Sementara saat ini, Harden adalah opsi utama di Rockets. Sehingga memasukkan Westbrook sama saja membuat Rockets sulit menemukan keseimbangan tim. Maka, lebih baik bila Westbrook tidak di Rockets lagi. Dan, kesempatan itu akan diambil oleh Knicks.

Lalu apa yang ditawarkan Knicks pada Rockets? Mengapa mereka mau melepaskan Westbroo? dan siapa saja yang mereka dapatkan?

Bila Westbrook dilepas, maka Knicks bersedia memberikan Julius Randle, Wayne Ellington, dan Kevin Knox. Radle akan jadi senter yang sempurna bagi Rockets. Ia mencetak rata-rata 20 poin per pertandingan. Lalu Ellington bisa membantu Harden dengan akurasi tembakan tripoinnya. Sedangkan Knox adalah pemain sayap berusia muda yang punya potensi besar.

Pindah ke Knicks sangat menguntungkan bagi Westbrook. Dia akan menjadi sorotan utama dan wajah dari klub tersebut. Kepribadiannya yang unik, gayanya, serta sikapnya yang berapi-api di lapangan, sangat disukai penggemar basket New York. Paling penting, Westbrook bisa memegang bola sebanyak mungkin yang dia mau.

Mungkin yang menjadi masalah adalah di sisi kepelatihan. Gaya bermain Westbrook tidak cocok dengan filosofi bermain Tom Thibodeau. Tetapi bisa saja berubah, karena Thib pernah melakukannya saat Knicks punya Derrick Rose. Strategi yang sama bisa diterapkan untuk Russell Westbrook.

3. Joel Embiid

New York Knicks mendapatkan: Joel Embiid
Philadelphia 76ers mendapatkan: RJ Barrett, Kevin Knox, Mitchell Robinson, Taj Gibson, dan tiket Draft Pick No.8 di NBA Draft 2020

Knicks perlu sedikit 'bermain api' untuk membuat ledakan di NBA. Jalan satu-satunya hanyalah mendatangkan pemain bintang. Mendatangkan Russell Westbrook saja, bisa membuat NBA heboh. Namun bila Knicks bisa menambahnya dengan Joel Embiid, maka mereka bisa jadi pusat perhatian di musim 2020-2021. Karena ada dua pemain dengan popularitas besar di liga bersatu dalam satu tim.

Faktanya, Knicks ikut dalam perburuan Anthony Davis musim lalu. Sayangnya, Davis lebih memilih bergabung dengan LeBron James di Lakers. Padahal saat itu, Knicks bersedia melepaskan pemain yang disebutkan oleh New Orleans Pelicans, demi mendapatkan Davis.

Knicks kini memanfaatkan keretakan di tubuh Sixers. Mereka memang lolos playoff, tapi Embiid sepertinya kurang nyaman bermain bersama Ben Simmons. Tapi Sixers tampaknya lebih memilih Simmons karena lebih menjanjikan untuk masa depan, ketimbang mempertahankan Embiid. Di sini, Knicks justru mau menampung Embiid bila dilepas Sixers.

Sebagai gantinya, Knicks akan memberikan prospek yang menjanjikan bagi Sixers. Knicks bersedia menyerahkan RJ Barret yang punya potensi sebagai bintang masa depan, Taj Gibson yang bergaji kecil sehingga bisa melonggarkan kantong Sixers, serta Kevin Knox yang masih muda. Mereka bisa menjadi bagian bagunan baru tim Sixers di sekitar Ben Simmons.

Untuk Knicks, mereka memang menghancurkan prospek masa depan. Tetapi setidaknya, mereka akan mencuri perhatian dalam waktu dekat. Mengembalikan optimisme fans, serta mendatangkan sponsor baru. Inilah yang sekarang dibutuhkan oleh Knicks. (tor)

Foto: NBA

Komentar