IBL

Seperti ekspektasi para penggemar NBA bahwa pertemuan antara Houston Rockets melawan Oklahoma City Thunder di Playoff Putaran Pertama bakal berlangsung sengit. Buktinya, pemenangnya harus ditentukan hingga gim ketujuh. Akhirnya, Rockets mampu menyingkirkan Thunder setelah unggul 4-3. Di laga terakhir, Rockets menang 104-102, Rabu, 2 September waktu setempat. Usai menyingkirkan Thunder, Rockets siap menantang Los Angeles Lakers di Semifinal Wilayah Barat.

Gim ketujuh kali ini benar-benar sengit. Ini menjadi gim tujuh kedua selama Playoff NBA 2020. Sebelumnya, Denver Nuggets kontra Utah Jazz juga harus diselesaikan di gim ketujuh. Nuggets menang dengan agregat 4-3. Kali ini Rockets menyusul kesuksesan Nuggets.

James Harden kali ini bertugas menahan laju Chris Paul. Sementara urusan mencetak poin diserahkan pada Eric Gordon dan Robert Covington. Kedua pemain tersebut masing-masing menyumbangkan 21 poin. Covington menambahkan 10 rebound.

Lewat performa menawan itu, Covington kini bersanding dengan LeBron James dan Draymond Green sebagai pemain yang mencetak lebih dari 20 poin dan 10 rebound di gim ketujuh dalam sejarah NBA. Covington juga menjadi pemain pertama dengan rekor tersebut sejak Kevin Garnett di tahun 2004. Sementara itu, enam tripoin yang dicetak hampir menyamai pencapaian Stephen Curry. Sebab, pemain Warriors tersebut pernah mencetak tujuh tripoin di gim tujuh di tahun 2016 dan 2018.

Russell Westbrook kali ini mencetak 20 poin dan 9 rebound. Sedangkan Jeff Green menambahkan 13 poin. Lalu James Harden yang kali ini fokus bertahan, mampu menyumbang 17 poin dan 9 asis. Peran Harden sangat penting di detik-detik akhir. Sebab, Harden mampu menahan tembakan Luguentz Dort yang sangat berbahaya. Karena di sisa tiga detik itu, Thunder hanya terpaut dua poin saja (102-104). Selain itu, pertandingan juga sempat alot di detik-detik akhir. Harden juga yang punya peran menjaga Paul sehingga Gilgeous-Alexander terpaksa melepar bola ke Steven Adams.

Rockets akan tampil di Semifinal Wilayah Barat melawan Los Angeles Lakers. Ini seri yang paling ditunggu-tunggu oleh para penggemar NBA. Gim pertama akan digelar pada Jumat, 4 September waktu Amerika Serikat. (tor)

Foto: NBA

Komentar