IBL

Penggemar Los Angeles Lakers di seluruh dunia tentu sangat menantikan hari ini. Lakers kembali ke Final Wilayah Barat untuk pertama kalinya sejak 2010. Kepastian tersebut didapat setelah menyudahi perlawanan Houston Rockets, 119-96, di Gim 5 Semifinal Wilayah Barat, Sabtu, 12 September waktu setempat. LeBron James memimpin perolehan poin Lakers dengan 29 poin, 11 rebound, 7 asis, dan 2 steal.

Lakers mengalami sedikit kesulitan dalam mengalahkan Rockets, khususnya di pertandingan pertama. Sama seperti Portland Trail Blazers di putaran pertama lalu. Tetapi Lakers bangkit dan menang empat gim beruntun. Sebaliknya, ini jadi kegagalan kesekian kali bagi Rockets. Meski mereka sudah menghadirkan duet maut James Harden dan Russell Westbrook.

Di kubu Lakers, Markieff Morris yang menjadi starter di gim kelima bisa mencetak 16 poin. Disusul Danny Green (14 poin), Anthony Davis (13 poin dan 11 rebound), serta Kentavious Caldwell-Pope (10 poin). Sedangkan Kyle Kuzma dari bangku cadangan menyumbang 17 poin.

Sementara itu, pada gim hidup-mati ini, James Harden mencetak 30 poin. Russell Westbrook hanya menyumbang 10 poin, dan Jeff Green muncul dari bangku cadangan dengan catatan 13 poin.

Dominasi Lakers terlihat di lini pertahanan, di mana bola kecil Rockets tidak mampu menembusnya. Pada akhir kuarter ketiga, Houston turun tertinggal 69-95 dan akurasinya hanya 27 dari 67 percobaan, dengan 11 kali turnover.

Pertahanan itu menjadi hasil evaluasi Lakers setelah mereka kalah di gim pertama. Pelatih Frank Vogel mengurangi menit bermain JaVale McGee dan Dwight Howard, lalu menggantinya dengan Anthony Davis di posisi kelima. Setelah itu, Rockets tidak menemukan jawaban atas pertahan Lakers tersebut.

Sekarang Lakers menuju final Wilayah Barat pertama mereka sejak mereka menjadi Juara NBA 2010 bersama Kobe Bryant. Lakers harus menunggu dan melihat siapa yang menjadi lawan mereka. Sebab LA Clippers masih harus bertanding melawan Denver Nuggets di semifinal. (tor)

Foto: NBA

Komentar