IBL

Toronto Raptors mesti kehilangan Kawhi Leonard dan Danny Green. Namun, mereka masih punya sebagian besar kekuatannya. Norman Powell, salah satu penggawa Raptors, pun percaya timnya bisa mempertahankan gelar juara.

Forwarda berusia 26 tahun itu bahkan tidak mau tahu apa kata orang di luar sana. Ia merasa timnya sudah biasa diragukan. Mereka sering tidak diperhitungkan. Sehingga kini tinggal percaya saja pada diri sendiri.

“Kehilangan Kawhi merupakan kehilangan besar,” ujar Powell per Prime Time Sports. “Namun, kami masih punya pemain inti yang berdampak besar selama juara. Kami punya OG (Anunoby) yang menepi karena cedera dan siap kembali untuk maju. Saya pikir tim ini masih punya kesempatan untuk kembali menjadi juara.”

Meski begitu, mempertahankan juara bukanlah hal mudah. Powell dkk. tahu itu. Mereka sadar timnya akan menemui banyak rintangan. Apalagi mengingat tim-tim di kedua wilayah (Timur dan Barat) juga semakin kuat.

Di Wilayah Timur, misalnya, Brooklyn Nets mendapatkan Kyrie Irving dan Kevin Durant. Meski Durant belum bisa tampil karena cedera achilles, mereka masih punya pemain sekelas Irving. Garda utama bergelar All-Star itu akan memimpin wajah baru Nets.

 

Sementara tim lainnya, seperti Milwaukee Bucks dan Philadelphia 76ers, berhasil mempertahankan kekuatan inti. Mereka bahkan mampu menambah daya gedor dengan kedatangan pemain-pemain baru. Powell melihat persaingan tidak akan mudah. Namun, bukan tidak bisa.

Kesempatan Raptors untuk juara kembali jelas tidak benar-benar tertutup. Apa pun bisa terjadi di NBA. Musim lalu, mereka sendiri yang membuktikannya. Mereka mampu mengalahkan Golden State Warriors yang adidaya dalam enam pertandingan.

President of Basketball Operations Raptors Masai Ujiri juga berpikirkan sama. Ia sempat mengatakan, timnya baik-baik saja. Mereka masih bisa juara. Ia menjamin trofi Larry O’Brien tidak hanya sekali mampir ke Kanada. Raptors hendak membawa kembali trofi itu untuk dipajang di sana.

“Saya melihat apa yang tim ini telah lakukan dan  apa yang dapat kami pelajari dari sana” kata Ujiri dalam wawancara bersama Adrienne Arsenault dari CBC. “Kami belajar untuk menang. Dan Kawhi mengajari kami hal itu. Ia mengantarkan kami ke sana.”

Dengan kepercayaan diri itu, Raptors akan kembali menyongsong semangat yang sama seperti saat menjadi juara. Powell tidak ingin menyerah. Begitu pun Ujiri. Seluruh skuat akan membuktikannya lagi. Mereka mengaku bisa. (put)

Foto: NBA

Komentar