IBL

Joe Johnson belum ingin mengakhiri kariernya di NBA. Ia hendak kembali dengan semangat baru. Johnson bahkan akan mengikuti uji coba dengan beberapa klub.

Menurut laporan Marc Spears, The Undefeated, pemain berusia 38 tahun itu mengikuti uji coba dengan Philadelphia 76ers pada Kamis, 29 Agustus 2019 waktu setempat. Setelah itu, Johnson mesti mengikuti uji coba dengan Los Angeles Clippers, Milwaukee Bucks, dan Denver Nuggets. Belum lagi New Orleans Pelicans yang juga tertarik kepadanya. Ia mencoba segala kemungkinan untuk kembali bermain di kancah tertinggi bola basket Amerika Serikat dan Kanada.

Johnson sendiri saat ini tengah bermain di liga bola basket 3x3 BIG3. Ia bergabung dengan Triplets pada Maret 2019 lalu. Johnson bahkan bertugas sebagai kapten. Ia memimpin Triplets dari pertandingan ke pertandingan.

Johnson sudah tidak bermain di NBA sejak 2018. Ia terakhir kali bermain untuk Houston Rockets. Johnson gagal melanjutkan karier karena tidak mendapat tim di pasar pemain bebas. Ia pun terpaksa menganggur dari NBA.

Kendati begitu, selama berkarier di NBA, Johnson terkenal sebagai salah satu pemain bintang. Ia masuk ke jajaran All-Star tujuh kali. Johnson juga pernah masuk ke dalam time lit All-NBA Third Team dan All-Rookie Second Team.

Johnson tampil dalam 1276 pertandingan bersama tujuh tim berbeda. Ia mencetak rata-rata 16 poin, 4 rebound, dan 3,9 asis per pertandingan. Persentase tembakan keseluruhannya mencapai 44,1 persen. Efektivitas tembakan keseluruhan 49,7 persen. True shooting percentage 53 persen.

Johnson sempat menjadi salah satu pencetak poin produktif di NBA. Namun, performanya menurun seiring bertambahnya usia. Di musim terakhirnya bersama Rockets, Johnson hanya mengoleksi enam poin per pertandingan. Itu merupakan rata-rata terendah selama kariernya di NBA.

Meski demikian, Johnson belum habis. Ia masih mampu menunjukkan kemampuannya di BIG3. Sehingga Sixers, misalnya, mau mengundangnya untuk uji coba. Undangan itu akan menjadi kesempatan besar bagi Johnson untuk kembali ke NBA. (put)

Foto: NBA

Komentar