IBL

Teka-teki pelatih baru Phoenix Suns usai pemecatan kepada Igor Kokoskov terjawab sudah. Melalui rilis resmi NBA, Suns memastikan bahwa Monty Williams akan menjadi Kepala Pelatih baru mereka. Tidak disebutkan berapa lama jangka waktu kesepakatan kedua belah pihak. Namun, beberapa sumber meyakini Monty dikontrak untuk lima musim ke depan.

“Saya cukuptersanjung bisa menjadi Kepala Pelatih baru untuk Suns. Saya ucapkan terima kasih untuk seluruh jajaran manajemen Suns atak kesempatan yang mereka berikan untuk saya. Saya juga ucapkan terima kasih kepada Philadelphia 76ers yang terus mendukung saya selama ini dan terus bekerja keras untuk mengejar target kami musim ini,” ujar Monty dalam rilis resmi tim.

Monty memang baru akan menangani Suns setelah perjalanan Sixers di NBA Playoff 2019 berakhir. Hal tersebut terjadi lantaran ia masih terdaftar sebagai asisten pelatih Brett Brown di Sixers. Sixers sendiri masih melaju di semifinal Wilayah Timur menghadapi Toronto Raptors. Mereka sedang dalam posisi unggul (2-1).

“Monty memiliki pengalaman yang luar biasa di liga ini baik sebagai pemain ataupun pelatih. Ia juga sudah dikenal sebagai individu yang memiliki karakter baik di dalam dan luar lapangan,” ujar James Jones, manajer umum Suns. “Monty sangat dihormati sebagai pelatih dan ia memiliki kepedulian tinggi terhadap komunitasnya. Saya rasa hal itu cukup bagus untuk memimpin tim kami ke masa mendatang.”

Suns akan menjadi tim kedua yang dilatih oleh Monty dalam karir kepelatihannya. Sebelumnya, pria 47 tahun tersebut tercatat menangani New Orleans Pelicans selama lima musim (2010-2015). Dalam perjalanan tersebut, ia dua kali membawa Pelicasn melaju ke playoff. Dalam 394 gim, Monty mengemas 173 kemenangan dan 221 kekalahan.

Monty adalah pelatih kelima dalam lima musim terakhir Suns. Tugas pertama Monty adalah memilih pemain terbaik di NBA Draft 2019 nanti. Finis sebagai tim dengan rekor menang-kalah terburuk di Wilayah Barat, Suns mendapatkan peluang tinggi untuk memilih di urutan tiga besar. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar