IBL

Joel Embiid lagi-lagi menjadi pahlawanan kemenangan Philadelphia 76ers di NBA 2018-2019. Kali ini, senter kaliber All-Star tersebut berhasil mengantarkan timnya menang atas Phoenix Suns dengan skor 132-127. Embiid pun mengoleksi dobel-dobel 42 poin dan 18 rebound di Talking Stick Resort Arena, Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, Rabu 2 Januari 2019 waktu setempat.

Di samping Embiid, ada pula Ben Simmons yang mencetak 29 poin. J.J. Redick, garda senior mereka, juga menyumbang 27 poin dengan memasukkan 5 dari 8 tripoinnya. Furkan Korkmaz, forwarda, lalu menambahkan 10 poin.  

Sementara itu, Suns seperti biasanya mengandalkan Devin Booker. Garda berusia 22 tahun itu mencetak 37 poin. Deandre Ayton, ruki, menambahkan dobel-dobel 18 poin dan 11 rebound. Kemudian, Josh Jackson datang dengan 16 poin dari bangku cadangan. De’Anthony Melton juga menyumbang 10 poin. Namun, mereka kesulitan menahan agresivitas Embiid di paruh pertama.

Sixers memang memenangkan pertandingan berkat agresivitas Embiid di pertandingan ini. Ia tampil begitu dominan di sekitar area bawah ring, baik dalam mencetak poin atau merebut bola pantul, sehingga timnya bisa unggul sejak awal. Mereka bahkan memulai pertandingan dengan produktif. Sixers memimpin 44-32 di kuarter satu karena mengalirkan bola dengan baik. Mereka pun bisa memasukkan sekitar 77,9 persen tembakannya sampai pertengahan kuarter itu.

Di kuarter dua, Embiid benar-benar meledak. Ia mengancam pertahanan lawan dengan tubuhnya yang menjulang dan aksinya gesit. Ia bahkan sudah mengoleksi dobel-dobel 22 poin dan 10 rebound di menit keenam. Pada akhirnya, ia pun menutup kuarter itu dengan total 30 poin dan 14 rebound. Sixers unggul 72-49. Ada rentang 23 poin yang membuat tim asuhan Brett Brown itu di atas angin.  

Dengan kondisi tertinggal, Suns berusaha untuk menyelamatkan wajah mereka di hadapan penggemar sendiri. Mereka berhasil memperoleh lebih banyak poin (38-32) di kuarter tiga agar bisa memangkas ketertinggalan mereka menjadi 17 poin saja (87-104). Namun, Sixers ternyata bisa terus menjaga asa di kuarter empat supaya tidak kalah di kandang lawan. Padahal Suns sudah mati-matian untuk menyusul tamunya dengan unggul lagi 40-28 di kuarter itu. Sayangnya, perolehan mereka tidak cukup membuat Suns memenangkan pertandingan. Sixers menutup hari ini dengan kemenangan 132-127.

Sixers pun kini sudah mengoleksi 25 kemenangan dari 39 pertandingan. Selanjutnya, mereka akan memburu kemenangan lainnya dengan menjamu Dallas Mavericks tiga hari lagi. Di sisi lain, Suns—yang terdampar di dasar klasemen Wilayah Barat dengan hanya meraih 9 kemenangan dari 39 pertandingan—akan bermain melawan Los Angeles Clippers lusa. (GNP)

Foto: NBA

Komentar