IBL

Dalam rangka menjelang musim baru NBA yang akan resmi dbuka pada 16 Oktober 2018, NBA mengadakan rentetan acara penyambutan. Usai menggelar pemusatan latihan dan media day, NBA melanjutkan acaranya dengan menggelar laga pramusim.

Tiga tim NBA dan satu tim dari National Basketball League (NBL) Australia menjadi tim yang berlaga di laga pembuka pramusim ini. Philadelphia 76ers (Sixers) berhadapan dengan wakil Australia, Melbourne United sementara Charlotte Hornets melawan Boston Celtics.

Sixers tampil dominan dengan selalu unggul sejak kuarter pertama dan memenangi laga 104-84. Sementara Hornets berhasil keluar sebagai pemenang di laga lainnya dengan 104-97 meski sempat tertinggal di kuarter pertama.

Dalam dua laga tersebut, terdapat beberapa hal menarik bahkan asing di mata penggemar NBA. Berikut rangkuman yang berhasil dikumpulkan oleh Mainbasket.

Starter muda Sixers

Sixers turun dengan barisan pemain muda sebagai starter. Robert Covington tercatat sebagai pemain tertua di barisan starter meski baru berusia 27 tahun. Dario Saric dan Joel Embiid sama-sama berusia 24 tahun sementara Rookie of The Year musim lalu, Ben Simmons baru berusia 22 tahun. Markelle Fultz menjadi pemain termuda di antara empat pemain lain dengan usianya yang masih 20 tahun. Skuat ini tak bermain banyak musim lalu megingat badai cedera yang menerpa Fultz. Skuat ini juga diprediksi akan menjadi skuat utama Sixers di musim reguler dan bisa menjadi ganjalan berarti bagi Boston Celtics yang dijagokan menjadi penguasa Wilayah Timur musim depan.

Performa apik trio Sixers

Selain muda, starter Sixers juga tampil meyakinkan. Trio Fultz, Simmons, dan Embiid yang digadang-gadang akan menjadi inti tim ini tampil meyakinkan. Fultz yang tampak sudah terbebas dari cedera bahu dan memperbaiki kemampuan menembaknya berhasil mengemas 14 poin dan 4 asis. Simmons masih mendominasi seperti musim lalu dengan membukukan 8 poin, 8 rebound, dan 14 asis. Ia masih setia tidak melakukan tembakan jarak jauh di laga ini. Embiid juga serupa, top skor tim musim lalu kembali menjadi top skor tim di laga ini dengan dobel-dobel 20 poin dan 10 rebound selama 23 menit.

Gordon Hayward Kembali

                                                             Gordon Hayward kembali bermain, Foto: Yahoo

Gordon Hayward musim lalu hanya tampil selama lima menit setelah mengalami cedera parah saat laga pembuka melawan Cleveland Cavaliers. Dalam prosesnya, Hayward sempat dikira akan kembali di babak playoff, namun batal hingga laga ini. Bermain selama 22 menit, Hayward membukukan 10 poin dan 3 rebound.

Starter terbaik Celtics

Selain kembali bermain, Hayward juga langsung mengisi posisi starter. Bersama dengan Kyrie Irving, Jaylen Brown, Jayson Tatum, dan Al Horford, starter ini dirasa adalah starter terbaik yang dimiliki Celtics kini. Namun, Celtics juga tak perlu khawatir mengingat masih ada nama-nama seperti Terry Rozier, Marcus Smart, dan Marcus Morris di bangku cadangan. Musim lalu, tiga pemain tersebut bergantian mengisi posisi yang ditinggalkan Hayward, Brown, dan Irving yang terkena cedera.

Kyrie Irving menggunakan headband

                                                                  Kyrie Irving dengan headband, Foto: SLAM

Irving tampak berbeda pada laga kali ini. Usai menggemparkan media sosial saat media day dengan rambutnya yang dibiarkan tumbuh hingga sedikit kribo, Irving kembali mengejutkan penggemar dengan penampilannya. Ia bermain dengan menggunakan headband. Ini menjadi kali pertama Irving turun menggunakan headband sepanjang karirnya bermain di NBA.

Tony Parker tanpa seragam San Antonio Spurs

                                                  Laga perdana Tony Parker dengan Hornets, Foto: Getty Images

Keputusan Tony Parker untuk pindah ke Charlotte Hornets di jeda musim ini menjadi kejutan bagi berbagai penggemar NBA. Parker yang 17 musim membela San Antonio Spurs dan kini berusia 36 tahun tidak pernah ada yang menduga akan berpindah tim. Dan hal tersebut semakin aneh setelah Parker untuk kali pertama turun berlaga mengenakan seragam Hornets.

Foto: NBA

 

Komentar