IBL

Berita pemecatan kembali menghampiri NBA, lebih tepatnya menghampiri tim-tim yang tidak lolos ke playoff. Setelah Larry Drew (Cleveland Cavaliers), J.B. Bickerstaff (Memphis Grizzlies), dan Dave Joerger (Sacramento Kings), pemecatan terbaru melibatkan Igor Kokoskov, Kepala Pelatih dari Phoenix Suns. Hal tersebut dilaporkan oleh ESPN melalui salah satu kontributornya, Adrian Wojnarowski.

Igor sendiri baru menangani Suns di musim ini yang juga menjadi musim debutnya menjabat sebagai kepala pelatih di NBA. Sayangnya, pelatih pertama yang lahir dan tumbuh di luar Amerika Serikat ini hanya mampu membawa Suns memenangi 19 gim dan kalah di 63 gim lainnya. Hal yang tampaknya tidak cukup untuk memuaskan deretan manajemen Suns.

Suns mendapuk Igor menjadi Kepala Pelatih mereka pada 3 Mei 2018. Hal tersebut juga menandai bahwa Igor bahkan belum genap setahun menangani tim ini. Pria berusia 47 tahun ini datang dengan catatan menterengnya sebagai asisten di Utah Jazz yang mengejutkan musim lalu dan Kepala Pelatih tim nasional Slovenia yang juara di EruoBasket 2017.

Sejak 2016, Suns total sudah memecat empat Kepala Pelatih yang mana satu di antaranya berstatus interim (sementara). Hal ini cukup menjadi sorotan banyak pengamat NBA karena menunjukkan betapa tidak sabar dan konsistennya manajemen Suns untuk membangun tim mereka.

Seperti di musim ini, meski memiliki fondasi kuat dalam diri dua pemain muda berbakat mereka, Devin Booker dan Deandre Ayton, cedera dan tidak cukup dalamnya skuat Suns adalah masalah utama tim ini. Terutama di posisi fasilitator, tim ini tak memiliki pemain yang cukup mumpuni. Sepanjang musim, mereka hanya bergantung pada deretan pemain seperti Isaiah Canaan, De’Anthony Melton, dan Elie Okobo sebelum Tyler Johnson datang melalui pertukaran di buan Februari. Deretan pemain yang sangat sulit untuk diharapkan meraih lebih dari 20 kemenangan.

Wojnarowski juga mengabarkan Suns sedang mengincar asisten pelatih Philadelphia 76ers, Monty Williams sebagai pengganti Igor. Namun, Suns tidak sendiri dalam mencari tanda tangan Monty. Los Angeles Lakers juga dikabarkan mempertimbangkan Monty sebagai kandidat terkuat selain Tyronn Lue.

Monty sendiri tercatat pernah menjadi Kepala Pelatih New Orleans Hornets/Pelicans selama lima musim. Dari 394 gim yang ia lalui, Monty berhasil membawa 173 kemenangan yang setara dengan 44 persen persentase kemenangan. Ia dua kali membawa Pelicans lolos ke playoff tapi seluruhnya tidak  mampu melewati putaran pertama. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar