IBL

Sebanyak 17 dari 32 negara peserta Piala Dunia FIBA 2019 disponsori oleh Nike dan Jordan selaku anak perusahaan. Oleh karenanya, perusahaan yang berbasis di Oregon itu bertanggung jawab untuk melakukan proses desain hingga distribusi seragam tanding. Hasil dari proses memasak itu kemudian dipublikasikan melalui situs resmi Nike dengan menampilkan seluruh seragam.

Dua negara yang jadi representasi adalah Cina dan Amerika Serikat. Seragam keduanya mengusung desain yang terinspirasi dari paham Pareto. Azas ini berbunyi bahwa suatu klausa atau kasus memuat 80% akibat dan 20% penyebabnya. Oleh karenanya, pembagian warna pada seragam berada di bagian dada dengan mayoritas warna ada di sisi bawah. Seragam tanding kandang Cina memuat 80% warna putih di bagian bawah dengan 20% merah di bagian dada ke atas.

Koki di balik ide perumusannya adalah Josh Iversson yang menjabat sebagai Desainer Senior Nike Basketball. Konsep warna putih yang kecil di seragam tandang lalu besar di seragam kandang terinspirasi dari perkembangan generasi emas basket di Negeri Tirai Bambu. Hal ini mengacu pada betapa besarnya pertumbuhan olahraga di sana yang dimulai dengan kebijakan-kebijakan kecil.

“Kami melihat bahwa pemain muda Cina merupakan kanvas kosong. Mereka siap dicoret dengan berbagai macam pengalaman hingga menghasilkan karya indah berupa prestasi. Masa depan olahraga basket ada di tangan mereka. Kami ingin padanan warna tersebut menjadi representasi semangat untuk terus maju,” tutur Iverson melansir dari rilis pers.

Di sisi lain, terdapat detail-detail yang melengkapi tampilan seragam tanding ini. Nike memasangnya di beberapa bagian seperti tengkuk dan dada. Terdapat logo Federasi Basket Cina (CBF) dan timnas Amerika Serikat di dada kanan. Sang pabrikan juga mendaku bahwa teradapat ornamen pelengkap lainnya berada di celana pendek namun fotonya belum dipublikasikan.

Paham Pareto juga dipakai untuk pembagian sponsor dengan Jordan. Dari 17 seragam, hanya Prancis dan Argentina yang menyematkan logo Jordan.

Meski hanya mempresentasikan dua seragam, bukan berarti Nike tidak serius dalam menggarap 15 lainnya. Seluruh desain memuat warna khas setiap negara terutama di bidang olahraga. Padanan itu diambil dari kecenderungan desain seragam tanding nasional yang dipakai sebelumnya.

Gelaran Piala Dunia FIBA tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-18. Cina terpilih sebagai tuan rumah sekaligus menambah antusiasme mereka untuk jadi juara di depan para pendukungnya. Para peserta akan melaksanakan 92 pertandingan dalam 16 hari. Beijing, Foshan, Wuhan, Shenzhen, Dongguan, Nanjing, Shanghai, dan Guangzhou ditunjuk sebagai kota penyelenggaraan. (ajb)

Foto: Nike

Komentar