IBL

Tim nasional (timnas) Amerika Serikat rasanya benar-benar harus mempersiapkan ulang skuat mereka demi Piala Dunia FIBA 2019 yang akan digelar di Cina. Pasalnya, deretan pemain yang masuk dalam daftar pemusatan latihan mereka bergantian menarik diri sejak dua minggu terakhir.

Anthony Davis menjadi yang pertama. Lalu James Harden juga melakukan hal serupa yang disusul rekan setimnya Eric Gordon. Tak sampai 24 jam setelah Eric menarik diri, garda Portland Trail Blazers, C.J. McCollum juga mengumumkan pengunduran dirinya. Lantas pemain Washington Wizards, Bradley Beal, juga mundur seiring persiapan kelahiran anaknya.

Namun ternyata, Bradley bukanlah pemain terkahir yang mengajukan pengunduran dirinya. Terbaru, Senin 22 Juli 2019, waktu setempat, ada dua pemain tambahan yang mengundurkan diri. Mereka adalah Tobias Harris dari Philadelphia 76ers dan ruki New Orleans Pelicans Zion Williamson. Alasan keduanya pun sama dengan para pemain lain kecuali Bradley, yakni fokus kepada pembangunan tim.  

Mundurnya Zion bisa dibilang cukup menarik. Pasalnya, ia sebenarnya bukanlah bagian dari 20 nama utama yang dipanggil. Ia dan deretan pemain muda lainnya terdaftar dalam tim latih tanding yang masuk dalam salah satu program pemusatan latihan.

Hal ini sebenarnya sudah sering dilakukan oleh Amerika Serikat. Mereka menempatkan deretan pemain usia muda agar bisa mempelajari banyak hal dari seniornya serta merasakan aroma persaingan yang cukup panas.

Dengan pengunduran diri Tobias, maka Amerika Serikat kini hanya memiliki 14 nama dalam daftar. Tentu hal ini bukanlah hal yang baik untuk menaikkan persaingan mereka memperebutkan 12 nama yang akan pergi ke Cina nanti. Kabar lanjutan dari The Athletic menyebutkan bahwa Amerika Serikat berniat mengambil pemain tambahan untuk pemusatan latihan mereka.

Dua nama baru sudah dipastikan dipanggil dalam pemusatan latihan berdasarkan laporan sumber yang sama. Dua nama tersebut adalah Marcus Smart dari Boston Celtics dan Thaddeus Young yang baru bergabung dengan Chicago Bulls. Dua pemai ini adalah tipikal pemain yang atletis dan tangguh saat bertahan.

The Athletic kembali mengabarkan bahwa adanya kemungkinan Amerika Serikat akan memanggil satu atau dua nama lagi dalam pemusatan latihan yang digelar di Las Vegas, awal Agustus nanti.  Salah satu nama yang santer disebut adalah rekan satu tim Marcus, Jaylen Brown. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar