IBL

Playoff NBA 2023 dimulai hari ini, Sabtu (15/4), waktu setempat. Tiga partai dari Wilayah Timur dan satu dari Wilayah Barat menjadi menu yang disajikan oleh NBA untuk mengawali pertarungan Menuju gelar juara. 

Dua partai pembuka Wilayah Timur berujung dengan dominasi tim yang berstatus unggulan lebih tinggi. Philadelphia 76ers dan Boston Celtics memulai perjalanan mereka dengan sangat solid. 

Hujan Tripoin Sixers, Nets Tak Berdaya

 

Menghadapi Nets, Sixers dominan dengan selalu dalam posisi unggul selepas tepis mula dan menang dengan skor telak 121-101. Tak berhenti di situ, Sixers juga memasukkan 21 tripoin yang merupakan rekor tertinggi organisasi ini di sebuah gim playoff. 

Hebatnya lagi, 21 tembakan masuk itu datang dari 43 percobaan (48 persen). James Harden menyumbangkan 7 dari total 21 tripoin tersebut. Harden menutup gim dengan dobel-dobel 23 poin dan 13 asis. Ia jadi pemain Sixers pertama yang mencetak 10+ asis dan 5+ tripoin di playoff. 

Joel Embiid mendampingi dengan 26 poin, 5 rebound, dan 3 asis selama 33 menit bermain. Tobias Harris membantu melalui 21 poin, 4 rebound, asis. Sixers 1, Nets 0. 

 

Celtics Buas, Hawks Terjun Bebas

 

Celtics pun kurang lebih sama. Mereka berlari kencang selepas tepis mula. Membuka jarak sampai 30 poin memasuki jeda antarbabak, Celtics membungkam Atlanta Hawks dengan skor akhir 112-99. 

Turun dengan rotasi delapan pemain, Celtics masih dipimpin oleh duet andalan mereka, Jaylen Brown dan Jayson Tatum. Masing-masing mencetak dobel-dobel. Brown 29 poin dan 12 rebound, sementara Tatum 25 poin, 11 rebound. 

Derrick White menambahkan 24 poin, 5 rebound, dan 7 asis. Marcus Smart mendampingi White sebagai fasilitator tim juga dengan 7 asis plus 11 poin. Robert Williams bermain super efisien melalui 12 poin dan 8 rebound dengan tembakan sempurna (6/6). Celtics unggul 1-0. 

 

Knicks Curi Satu Kemenangan di Kandang Cavs

 

Satu-satunya cerita tim berstatus unggulan lebih tinggi yang tumbang di kandang hari ini adalah Cleveland Cavaliers. Berhadapan dengan New York Knicks, Cavaliers kalah tipis 101-97.

Jalannya pertandingan memang cukup sengit sejak tepis mula. Bahkan, kedua tim sudah terlibat friksi di paruh pertama pertandingan yang menunjukkan tingginya tensi gim ini. 

Yang menjadi pembeda di gim ini adalah agresivitas offensive rebound dari Knicks. Ada 17 kali offensive rebound yang berhasil mereka konversikan menjadi 23 poin dan membunuh Cavaliers. 

Jalen Brunson memimpin tim dengan 27 poin hasil dari 11/24 tembakan (45 persen). Julius Randle dobel-dobel 19 poin dan 10 rebound diikuti oleh Josh Hart yang juga dobel-dobel 17 poin plus 10 rebound dari bangku cadangan. Knicks unggul (1-0). 

 

Dramatis, Kings Menang Tiga Poin atas Warriors!

Satu-satunya partai dari Wilayah Barat justru menyajikan hiburan yang luar biasa. Sebagai tim tamu yang juga tim dengan unggulan lebih rendah, Golden State Warriors, juara bertahan NBA tampil menyulitkan Sacramento Kings. 

Aksi salling ganti keunggulan dengan pergerakan bola dinamis ala kedua tim membuat gim seolah tak pernah mengendur secara intensitas. Di beberapa penguasaan bola terakhir, Andrew Wiggins dan Stephen Curry gagal memasukkan tripoin terbuka mereka dan tuan rumah pun menang satu penguasaan bola 126-123. 

Seperti musim reguler, De'Aaron Fox menjalankan perannya dengan baik, utamanya di saat-saat genting. Fox mencetak 38 poin di mana 29 di antaranya terjadi pada paruh kedua gim. Fox memasukkan 13/27 tembakan (48 persen), termasuk 4/8 tripoin. 

Malik Monk membuntuti Fox. Meski memulai gim dari bangku cadangan, Monk memberi sumbangsih besar dengan 32 poin. Monk sempurna 14/14 dari tembakan gratis. Domantas Sabonis dobel-dobel 12 poin dan 16 situasi rebound sementara Trey Lyles melengkapi daftar dengan 16 poin. Kings unggul 1-0. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar