IBL

Tim putra Amerika Serikat dan tim putri Cina menjuarai FIBA 3x3 World Cup 2019 di Amsterdam, pada 18-23 Juni 2019. Ini merupakan gelar juara perdana bagi kedua negara tersebut. Turnamen kali ini sekaligus sebagai seleksi tim untuk Olimpiade 2020. Tiga tim teratas otomatis lolos ke Tokyo.

Tim putra Amerika Serikat beranggotakan Canyon Barry, Damon Huffman, Robbie Hummel, dan Kareem Maddox. Mereka mencatat rekor sempurna dengan tujuh kali menang beruntun. Di babak penyisihan, mereka mengalahkan juara bertahan Serbia dengan skor 21-16. Lalu menang tipis 15-14 atas Belanda, menghancurkan Korea Selatan (22-8), dan Turki (22-3).

Di playoff, Amerika Serikat sukses menundukkan Slovenia yang menjadi unggulan ketiga dengan skor 21-14. Kemudian di semifinal, Amerika Serikat menang telak 22-8 atas Polandia.

Amerika Serikat berjumpa Latvia di final. Mereka memang dengan skor 18-14. Penembak jitu Damon Huffman mengemas delapan poin. Lalu Maddox menyumbang lima poin dan tujuh rebound.

Kemenangan Amerika Serikat ini sekaligus meruntuhkan dominasi negara-negara Eropa di turnamen 3x3. Sejak digelar tahun 2012, Amerika Serikat sudah pernah masuk final pada edisi 2016. Sayangnya saat itu mereka kalah dari Serbia.

Sementara itu, tim putri Cina juga berhasil menjadi tim putri Asia pertama yang menjuarai ajang FIBA 3x3 World Cup. Cina juga tampil dominan sejak penyisihan hingga playoff. Empat pemain tim putri Cina pada turnamen tahun ini adalah Jia Yin Jiang, Ying Yun Li, Di Wu, dan Zhi Ting Zhang.

Di babak penyisihan, hanya Belanda yang memberikan perlawanan. Laga ini dimenangkan Cina dengan skor tipis 13-12. Lalu setelah itu, Cina menang atas Hungaria (21-11), Latvia (18-12), dan Turkmenistan (22-5).

Cina bertemu Romania di babak delapan besar. Mereka bisa menang dengan skor 16-12. Kemudian Cina menundukkan Australia dengan skor tipis 15-14 di partai semifinal. Zhit Ting Zang menjadi faktor penting bagi tim Cina di turnamen ini. Terlihat saat laga final melawan Hungaria. Zhang mencetak delapan poin dan enam rebound.

FIBA 3x3 World Cup 2019 juga menjadi kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Tiga tim teratas dari masing-masing kategori langsung lolos ke Olimpiade. Artinya di kategori putra, Amerika Serikat, Latvia, dan Polandia yang menjadi juara ketiga langsung lolos ke Olimpiade 2020. Sementara itu, di ketegori putri, tim Cina, Hungaria, dan Perancis yang akan melaju ke Tokyo tahun depan, tanpa melalui turnamen kualifikasi.

Indonesia pada turnamen kali ini hanya mengirimkan tim putri saja. Mereka gugur di babak penyisihan setelah menelan empat kali kekalahan beruntun. Tim Indonesia pada edisi 2019 diperkuat oleh Dyah Lestari, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi, dan Christie Apriyani Rumambi. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar