IBL

Aroma persaingan negara-negara di Piala Dunia FIBA 2019 sudah dimulai sejak pengundian grup babak penyisihan. Amerika Serikat tentu menjadi sorotan, karena berstatus sebagai juara bertahan. Namun Gregg Popovich belum mau mengumumkan roster timnas Amerika Serikat dalam waktu dekat ini.

Memang ada 35 nama yang sudah diumumkan USAB. Mereka merupakan komposisi tim Amerika Serikat untuk turnamen internasional yang berlangsung pada periode 2018 hingga 2020. 35 nama ini yaitu:
1. Harrison Barnes (Sacramento Kings)
2. Bradley Beal (Washington Wizards)
3. Devin Booker (Phoenix Suns)
4. Jimmy Butler (Philadelphia 76ers)
5. Mike Conley Jr. (Memphis Grizzlies)
6. DeMarcus Cousins (Golden State Warriors)
7. Stephen Curry (Golden State Warriors)
8. Anthony Davis (New Orleans Pelicans)
9. DeMar DeRozan (San Antonio Spurs)
10. Andre Drummond (Detroit Pistons)
11. Kevin Durant (Golden State Warriors)
12. Paul George (Oklahoma City Thunder)
13. Eric Gordon (Houston Rockets)
14. Draymond Green (Golden State Warriors)
15. Blake Griffin (Detroit Pistons)
16. James Harden (Houston Rockets)
17. Tobias Harris (Philadelphia 76ers)
18. Gordon Hayward (Boston Celtics)
19. Kyrie Irving (Boston Celtics)
20. LeBron James (Los Angeles Lakers)
21. DeAndre Jordan (New York Knicks)
22. Kawhi Leonard (Toronto Raptors)
23. Damian Lillard (Portland Trail Blazers)
24. Kevin Love (Cleveland Cavaliers)
25. Kyle Lowry (Toronto Raptors)
26. C.J. McCollum (Portland Trail Blazers)
27. Khris Middleton (Milwaukee Bucks)
28. Victor Oladipo (Indiana Pacers)
29. Chris Paul (Houston Rockets)
30. Isaiah Thomas (Denver Nuggets)
31. Klay Thompson (Golden State Warriors)
32. Myles Turner (Indiana Pacers)
33. Kemba Walker (Charlotte Hornets)
34. John Wall (Washington Wizards)
35. Russell Westbrook (Oklahoma City Thunder)

Dari 35 nama tersebut, tidak ada satupun pemain yang tampil di babak kualifikasi Piala Dunia 2019. Sebab, Amerika Serikat tampil di kualifikasi dengan pemain G-League dan pemain-pemain yang bertanding di liga-liga di luar NBA. Mereka dipimpin oleh Kepala Pelatih Jeff Van Gundy, dan sukses memenangi 10 dari total 12 laga kualifikasi. Sementara itu, di babak utama Piala Dunia FIBA nanti, Amerika Serikat akan dilatih oleh Gregg Popovich.

Dalam catatan Piala Dunia FIBA, Amerika Serikat menjuarai edisi tahun 2010 di Turki dan 2014 di Spanyol. Artinya, mereka berpeluang untuk mencetak tiga kali gelar beruntun musim ini. Prestasi internasional lainnya, mereka mendapatkan medali emas tiga kali berturut-turut di Olimpiade Beijing (2008), London (2012), dan Rio de Janeiro (2016).

Meski menjadi negara superior, namun Gregg Popovich tidak mau menganggap remeh turnamen tahun ini. "Sangat menyenangkan ketika mengetahui posisi kami di babak penyisihan. Kami memainkan pertandingan di Shanghai, melawan Turki, Republik Ceko, dan Jepang. Saya pikir ini grup yang seimbang. Sebab saya tahu betul bahwa ada banyak tim nasional yang memiliki kesempatan memenangkan gelar Piala Dunia 2019 nanti," ucap Gregg, seperti dilansir fiba.basketball.

Gregg tidak mau terburu-buru dalam menyiapkan tim. Ia memilih persiapan singkat namun melibatkan pemain-pemain yang sudah punya pengalaman membela timnas. Meski belum mau mengumumkan susunan pemain, namun beberapa waktu lalu, James Harden, sudah menyatakan keinginannya tampil di Cina. Harden sendiri pernah bermain di Piala Dunia 2014 di Spanyol. (tor)

Foto: fiba.com

Komentar