IBL

Kurang dari 24 jam setelah undian Piala Dunia FIBA 2019 di Cina, James Harden langsung menyatakan bahwa dirinya siap bergabung dengan timnas Amerika Serikat. Bintang Houston Rockets tersebut sempat bermain di Piala Dunia FIBA 2014 Spanyol. Kini Harden ingin mengulang sukses tersebut.

"Tentu saja saya ingin bermain," kata Harden seperti dikutip dari fiba.basketball. "Ini kesempatan untuk mewakili negara saya. Tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan tersebut. Sebagai pemain basket, salah satu poin tertinggi adalah mewakili negara dalam turnamen internasional."

Harden membela timnas Amerika Serikat untuk pertama kalinya di Olimpiade 2012 London. Ia membantu negaranya mendapatkan medali emas dengan catatan 5,5 ppg, 0,6 rpg, dan 0,8 apg dalam delapan pertandingan.

Kemudian Harden tampil di Piala Dunia FIBA 2014 Pemain berjuluk 'The Beard' tersebut mencetak 14,2 ppg, 2,8 rpg, dan 3,2 ppg dalam sembilan pertandingan. Akurasi tembakan mencapai 52,6 persen (41 dari 78 percobaan), termasuk 41,1 persen tripoin (12 dari 29 percobaan). Bahkan ia mencetak 23 poin di partai final, saat Amerika Serikat menang 129-92 atas Serbia.

"Seorang pemain basket ketika tampil di NBA, ia akan berupaya mendapatkan gelar juara untuk dirinya sendiri dan kotanya. Tapi kalau di kejuaraan seperti ini, pemain tersebut akan tampil membawa nama negaranya. Itu menjadi perasaan yang luar biasa ketika menjadi bagian dari tim nasional," imbuhnya.

Amerika Serikat akan bermain di Shanghai, Cina, saat penyisihan grup Piala Dunia FIBA 2019 nanti. Mereka ada di Grup E bersama Turki, Republik Ceko, dan Jepang. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar