IBL

Bintang New Orleans Pelicans, Anthony Davis dengan tegas menyatakan harapannya bermain untuk timnas Amerika Serikat di Piala Dunia FIBA 2019 di Cina. Kalau benar-benar terwujud, ini akan jadi penampilan kedua beruntun bagi Davis di turnamen yang sama. Davis menjadi bagian dari timnas Amerika Serikat saat menjuarai Piala Dunia FIBA 2014 di Spanyol.

Davis masuk NBA tahun 2012. Namun sebelum ia bermain untuk Pelicans, Davis lebih dulu tampil membela timnas Amerika Serikat di Olimpiade 2012 London. Ini menjadi pengalaman tak terlupakan baginya. Karena Davis yang saat itu berusia 20 tahun, bisa bermain bersama LeBron James dan Kobe Bryant.

Tak berhenti sampai di situ, Davis masuk dalam roster timnas Amerika Serikat di Piala Dunia 2014 Spanyol. Saat itu, Davis tampil bersama James Harden. Jadi di usia 26 tahun, Davis sudah mendapatkan medali emas Olimpiade dan Piala Dunia FIBA. Ia kini mengincar medali Piala Dunia FIBA kedua.

"Masa-masa yang istimewa," ungkap Davis, seperti dilansir fiba.basketball. "Saya tampil di Olimpiade (2012). Memang tidak benar-benar bermain, karena usia saya masih muda. Tetapi pengalaman tersebut membantu saya bisa tampil baik di Piala Dunia (2014). Menyenangkan bisa mewakili negara dan memenangkan medali emas."

Davis tahu risikonya menjadi pemain timnas Amerika Serikat. Beban yang dipikul sangat berat. Sebab Amerika Serikat tidak pernah kalah di Olimpiade dan Piala Dunia sejak 2006. Untuk mempertahankan gelar tersebut tidak mudah. Davis tahu bahwa banyak negara siap menerkam Amerika Serikat di Cina nanti.

"Spanyol selalu punya tim bagus di tiap-tiap turnamen," katanya. "Marc Gasol, tentu saja, akan bermain dan mungkin akan bertemu dengan saya, bila saya terpilih. Mungkin selain Spanyol, Argentina dan beberapa negara yang punya pemain NBA."

Ada kemungkinan bahwa Kepala Pelatih Gregg Popovich akan memanggil Davis dan Harden. Dua pemain yang sukses mendapatkan medali emas Piala Dunia FIBA 2014. Pernyataan Davis menguatkan hal tersebut. Sebab, beberapa waktu lalu, bintang Houston Rockets tersebut juga menyatakan bahwa dirinya ingin tampil di Cina. (tor)

Foto: usab.com dan fiba.basketball

Komentar