IBL

J.R. Smith, garda Cleveland Cavaliers, menjadi bahan pembicaraan setelah melakukan blunder di gim pertama NBA Finals 2018. Kala itu, ia yang mendapat bola pantul dan berkesempatan memenangkan pertandingan malah melantun bola ke arah luar, sehingga waktu pun terbuang percuma.

Cavaliers lantas harus menelan kekalahan di gim pertama. Namun, karena kejadian itu, jersey bekas sang pemain pun jadi berharga tinggi di pelelangan.

Jersey tersebut dilelang pada 1-21 Juni 2018. Sedikitnya ada 145 tawaran dalam kurun waktu itu. Sesuai laporan TMZ Sports, pemenang lelang kemudian mendapatkan jersey bekas Smith di gim pertama seharga AS$23.548.

Selain Smith, NBA juga melelang beberapa jersey bekas gim pertama milik pemain Cavs lainnya. Jersey LeBron James ketika mencetak 51 poin, misalnya, laku seharga AS$102.322. Sementara itu, jersey Kevin Love—yang menjadi mesin poin kedua Cavs (21 poin)—laku seharga AS$4.520.

Dengan demikian, jersey Smith menjadi penjualan kedua termahal di antara pemain Cavs lainnya. Hal itu terjadi lantaran jersey bekas gim pertama milik pemain bernomor punggung 5 itu dianggap memiliki nilai historis. Bukan karena berjasa membawa timnya unggul, melainkan karena blundernya yang tampak humoris membuat timnya gagal juara.

Maka, kepada siapa pun yang memenangkan jersey tersebut—selamat!

Foto: NBA

Komentar