IBL

Indiana Pacers memaksa LeBron James, forwarda Cleveland Cavaliers, melakoni pertandingan ketujuh di putaran pertama playoff. Namun, James dan timnya ternyata mampu mengatasi Pacers di kandang. Mereka memenangkan pertandingan penentuan itu dengan skor 105-101 di Quicken Loans Arena, Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, Minggu, 29 April 2018 waktu setempat.

Dengan kemenangan itu, James sekaligus menjadi pemain yang tidak pernah tumbang di putaran pertama playoff sepanjang karirnya (13-0). Bahkan hari ini, ia mencetak 45 poin, dan membuatnya menjadi pencetak angka terbanyak di pertandingan ketujuh setelah Sam Jones (47). Ia juga menambahkan perolehannya dengan 9 rebound, 7 asis, dan 4 steal plus tiket ke semifinal.

Selain James, tiga pemain Cavaliers juga menyumbang dobel digit angka. Tristan Thompson, yang kini mengisi posisi senter utama, mencetak dobel-dobel 15 poin dan 10 rebound. Kevin Love memberi 14 poin dan 6 rebound sementara J.R. Smith 11 poin.

Di kubu lawan, Victor Oladipo mencetak 30 poin, 12 rebound, 6 asis, dan 3 steal. Darren Collison 23 poin, Thaddeus Young dobel-dobel 14 poin dan 10 rebound. Domantas Sabonis, pemain pengganti, menyumbang 10 poin dan 5 rebound. Namun, perjalanan mereka harus berakhir hari ini, karena Cavaliers berhasil melakukan penyesuaian dan tancap gas sejak awal pertandingan.

Kepala Pelatih Tyronn Lue memasang Tristan Thompson di susunan pemain utama. Ia merasa, timnya perlu melakukan penyesuaian supaya dapat menandingi fisik pemain lawan. Apalagi ini pertandingan penentuan. “Saya meminta Tristan Thompson untuk siap sepanjang seri,” ujar Lue seperti dikutip USA TODAY.  

Dengan penyesuaian itu, Cavaliers tancap gas di kuarter pertama untuk meninggalkan tamunya 31-19. Keunggulan itu menjadi momentum tim asal Ohio untuk terus unggul di setiap kuarternya. Karena setelah itu, mereka mampu menjaga asa dan memimpin 54-43 di paruh waktu pertama.

Pacers tampak memukul balik Cavaliers dengan mencetak 31 poin di kuarter tiga. Namun, perolehan itu tidak cukup untuk membalikkan keadaan, karena Cavaliers tetap unggul 76-73. Dengan jarak hanya tiga poin, kedua tim bermain ketat di kuarter empat. Cavaliers bahkan hanya unggul dua poin (29-27) di kuarter itu. Namun, akumulasi perolehan mereka sejak kuarter pertama membuatnya lolos ke semifinal wilayah.

Dengan demikian, Cavaliers pun akan menantang Toronto Raptors di putaran kedua (semifinal wilayah). Pertemuan pertama dalam format tujuh terbaik (best of seven) akan berlangsung lusa di Toronto, Ontario, Kanada.

  

Foto: AP Photo/Tony Dejak

Komentar