IBL

Indiana Pacers lagi-lagi membuat Cleveland Cavaliers kalang kabut. Meski kalah di pertandingan kedua, kini Pacers berhasil merebut kemenangan 92-90 atas Cavaliers di Bankers Life Fieldhouse, Indianapolis, Indiana, Amerika Serikat, Jumat, 20 April 2018 waktu setempat. Mereka pun memimpin 2-1 di putaran pertama playoff.

Bojan Bogdanovic, forwarda Pacers, menjadi lakon utama kemenangan ini. Ia mencetak poin tertingginya musim ini dengan menyumbang 30 poin. Victor Oladipo lalu menambahkan 18 poin, 7 asis, dan 6 rebound. Thaddeus Young di belakangnya dengan 12 poin, 7 rebound, 3 steal, dan 2 blok.

Di kubu Cavaliers, LeBron James jadi pendulang angka terbanyak dengan 28 poin, 12 rebound, dan 8 asis. Kevin Love, yang mengalami cedera ibu jari di pertandingan sebelumnya, tetap tampil di barisan utama dan menyumbang 19 poin dan 6 rebound. George Hill, garda utama, lalu menambahkan 13 poin.

Sayangnya, perolehan Cavaliers ternyata tidak cukup membuat mereka memenangkan pertandingan hari ini. Padahal mereka sebenarnya unggul di paruh waktu pertama dengan skor 57-40.

Tertinggal 17 poin, Pacers mengamuk di kuarter tiga dengan mencetak 23 poin sementara lawannya hanya 12. Bogdanovic dkk. mampu bertahan dan menciptakan serangan balik atas kesalahan lawan (turnover). Sedikitnya Cavaliers melakukan tujuh kesalahan di kuarter itu, dan tembakan masuk mereka (5) tidak lebih banyak dari kesalahannya. Maka, Pacers pun berhasil memangkas jarak skor menjadi enam poin (63-69).

Di kuarter akhir, Bogdanovic mengambil alih permainan. Ia memasukkan tripoinnya dan memangkas ketinggalan menjadi dua poin (73-75). Beberapa menit kemudian, ia melepaskan tembakan tripoin lagi dan dilanggar pemain lawan, sehingga ia mendapat empat poin dari upayanya itu. Pacers pun unggul 81-77 untuk pertama kali sejak kuarter pertama. Pemain asal Kroasia itu lantas menambah keunggulan lagi dengan tripoinnya; membawa Pacers semakin unggul 84-77. Hujan tripoin menjadi penyelamat Pacers untuk melanjutkan tren positif.

Secara keseluruhan, Bogdanovic di pertandingan ini menciptakan tujuh tripoin. Perolehan itu sekaligus mengimbangi jumlah tripoin terbanyak di playoff dalam sejarah timnya. Bogdanovic, dengan pencapaiannya hari ini kemudian membawa timnya menang tipis 92-90.

Dengan kemenangan itu, Pacers pun hanya membutuhkan dua kemenangan lagi untuk lolos ke putaran selanjutnya. Namun, Cavaliers juga tentu masih punya kesempatan untuk membalikkan keadaan. Pertandingan selanjutnya akan digelar lusa.

Foto: Matt Kryger/IndyStar

Komentar