IBL

Indiana Pacers berhasil membuat LeBron James dan Cleveland Cavaliers harus melakoni pertandingan ketujuh. Padahal James belum pernah melakoni pertandingan penentuan seperti itu di putaran pertama playoff. Namun, Pacers justru memaksanya melakukan itu setelah memenangkan pertandingan keenam dengan skor 121-87 di Bankers Life Fieldhouse, Indianapolis, Indiana, Amerika Serikat, Jumat malam, 27 April 2018 waktu setempat.

Victor Oladipo, garda Pacers, menjadi penentu kemenangan ini dengan triple-dobel 28 poin, 13 rebound, dan 10 asis. Domantas Sabonis di belakangnya dengan 19 poin meski turun dari bangku cadangan. Darren Collison lalu memberi 15 poin.

Pemain lainnya, Myles Turner dan Lance Stephenson masing-masing 12 poin. Sementara itu Thaddeus Young dan Bojan Bogdanovic sama-sama mencetak 10 poin.

Di kubu Cavaliers, James setia menjadi pencetak angka terbanyak dengan 22 poin, 7 asis, dan 5 rebound. Sayangnya, ia tidak mendapat bantuan dobel digit poin dari empat pemain utama lainnya. Bantuan justru datang dari bangku cadangan. Jeff Green mencetak 13 poin sementara Rodney Hood 12 poin.

Meski kalah, Cavaliers unggul 22-17 di menit 3:55 kuarter pertama. Namun, Oladipo berhasil memotivasi timnya sekaligus membuat pendukungnya berteriak dengan tripoin dan back dunk. Karena upaya itu, Pacers pun berbalik unggul 24-22 di sisa dua menit terakhir dan menutup kuarter ini dengan 29-26.

Di kuarter dua, Cavaliers sempat unggul 30-29 tetapi setelah itu mereka tidak lagi memimpin. Apalagi Kevin Love kesulitan mencetak angka setelah tangannya sakit karena terjatuh di pertengahan kuarter ini. Ia hanya mencetak tujuh poin dengan field goal 3/10 sampai pertandingan berakhir.

Kemalangan Cavaliers tidak berhenti di situ, James, pemain andalan mereka, juga terluka di menit 2:13. Ia merangsek masuk ke area kunci dan wajahnya terbentur siku Thaddeus Young sampai berdarah. James harus ditarik keluar untuk mendapat perawatan, tetapi bisa kembali lagi dengan perban di wajahnya. Sementara itu, Pacers justru menjauh 10 poin (57-47) sebelum turun minum.

Pacers membuka kuarter tiga dengan memasukkan lima poin. Mereka berhasil memanfaatkan momentum itu sehingga terus unggul sampai pertandingan berakhir. Apalagi di kuarter empat, James tidak tampil sama sekali. Pacers pun lebih leluasa untuk mencetak skor karena megabintang NBA itu tidak ada di lapangan. Mereka pun menang dengan margin lebar 34 poin (121-87). Ini merupakan kekalahan terburuk ketiga LeBron James di playoff selama karirnya.

Dengan demikian, pertemuan kedua tim pun harus berlanjut ke pertandingan ketujuh. Mereka akan kembali bertarung besok di tempat yang sama untuk menentukan siapa yang berhak ke putaran selanjutnya.  

Foto: Andy Lyons/AFP

Komentar