IBL

Selandia Baru akan tampil di Piala Dunia 2019 di Cina. Namun, mereka tidak akan diperkuat Steven Adams. Senter Oklahoma City Thunder itu menolak untuk bergabung.

Timnas dan persatuan bola basket Selandia Baru telah mengonfirmasi hal itu. Mereka mendapat kabar dari Adams bahwa dirinya tidak akan tampil di Piala Dunia. Adams tidak mengatakan alasannya, tetapi bersedia membela Tall Blacks—sebutan timnas Selandia Baru—di kesempatan lain.

“Dukungan Steven kepada Tall Blacks dan ketertarikannya membela timnas sebenarnya tidak tergoyahkan,” ujar agen Adams di Wasserman Media Group seperti dikutip persatan bola basket Selandia Baru di Twitter-nya @BasketballNZ. “Sementara ini ia tidak akan berpartisipasi dengan tim nasional, tetapi ia berencana untuk ikut tampil di Olimpiade 2020 setelah musim NBA mendatang.”

Adams sendiri sebenarnya sudah dipanggil timnas beberapa waktu lalu. Akun Twitter timnas Selandia Baru juga sempat mengunggah nama-nama peserta seleksi nasional. Mereka berharap Adams bisa membantu timnas di Piala Dunia pada 31 Agustus—15 September nanti. Namun, ia pada akhirnya tidak bisa membantu.

Hasil Piala Dunia nanti juga akan menentukan nasib Selandia Baru di Olimpiade tahun depan. Mereka harus meraih hasil yang lebih baik dari tim mana pun di zona Oceania. Itu artinya, mereka harus lebih baik dari Australia pada Piala Dunia 2019.

Seandainya Selandia Baru gagal di Piala Dunia, mereka masih punya kesempatan di babak kualifikasi. Mereka setidaknya harus masuk ke 4 terbaik dari total 24 tim di Turnamen Kualifikasi Olimpiade pada Juni 2020. Adams kemungkinan baru bisa membantu mereka saat itu.

Sementara Adams absen, timnas Selandia Baru terus berusaha memperdalam skuatnya. Kepala Pelatih Paul Henare ingin Selandia Baru memiliki pemain utama dan cadangan yang sama baik. Ia pun meracik skuatnya dengan sisa pemain yang ada di seleksi nasional.

“Lewat program kualifikasi Piala Dunia ini, dan bahkan selama Piala Asia 2017, kami telah berupaya membangun kedalaman skuat kami,” kata Henare seperit dikutip situs resmi timnas Selandia baru, “kadang-kadang memang sesuai keinginan dan kadang-kadang tidak, tetapi kami selalu mengekspos lebih banyak pemain dengan cara yang positif ke dalam tim Tall Blacks dan membuat mereka siap bermain di panggung internasional sekarang atau di masa depan.”

Tanpa Adams, Henare berarti tidak punya satu pun pemain NBA yang bisa mereka manfaatkan. Mereka hanya akan bermain dengan pemain di non-NBA seperti para pemain NBL Australia. Henare juga memanggil beberapa pemain-pemain kampus Amerika Serikat untuk mengikuti seleksi nasional. Mereka tampak tidak khawatir untuk Piala Dunia. Selandia Baru mencoba untuk melakukan yang terbaik agar bisa menggapai hasil positif. (put)

Foto: NBA

Komentar