IBL

American Airlines Center, Dallas, Texas, Amerika Serikat, menggelar laga ke-12 Dallas Mavericks berhadapan dengan Oklahoma City Thunder, Sabtu malam, 10 November 2018, waktu setempat. Kedua tim datang ke laga ini dengan kondisi yang sangat berbeda. Thunder berbekal tren positif mereka dengan selalu meraih kemenangan di tujuh laga terakhir mereka. Semntara Sang Tuan Rumah hanya berbekal satu kemenangan di delapan laga terakhir mereka.

Masih tanpa kehadiran kapten tim, Russell Westbrook, Thunder kesulitan mengembangkan permainan. Sebaliknya, absennya Westbrook dimanfaatkan dengan apik oleh Mavericks. Tim asuhan Rick Carlisle ini berhasil mendikte jalannya permainan dan selalu dalam posisi unggul sejak paruh pertama. Terutama di kuarter kedua saat Mavericks berhasil membuka jarak hingga 12 poin, Thunder sudah tak lagi mampu mengejar. Mavericks berhasil menutup laga dengan kemenangan 11-96.

Kemenangan ini menjadi kemenangan keempat Mavericks musim ini. Mereka kini bertengger di peringkat 13 klasemen sementara Wilayah Barat. Hanya ada dua tim yang lebih buruk dari Mavericks yakni Phoenix Suns dan Minnesota Timberwolves. Bagi Thunder, kekalahan ini tak hanya mengentikan tren positif mereka. Kekalahan ini juga semakin membuktikan ketergantungan tim kepada Westbrook.  

Thunder kini bercokol di peringgkat delapan klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor menang-kalah 7-5. Enam dari tujuh kemenangan tersebut diraih saat Westbrook bermain. Sementara dari lima kekalahan tersebut, tiga di antaranya datang saat Most Valuable Player (MVP) musim 2016-2017 tersebut tidak bermain. Selain itu, di lima laga tanpa kehadiran Westbrook, Thunder hanya sekali mampu mencetak 100 poin atau lebih. Sisanya, selalu gagal melebih tiga digit angka.

Ruki, Luka Doncic, menjadi bintang kemenangan Mavericks sekaligus top skor di laga ini. Pemain berusia 19 tahun ini mencetak 22 poin, 6 rebound, dan 8 asis dengan akurasi mencapai 60 persen selama 31 menit bermain. Catatan ini semakin mengokohkan Doncic sebagai kandidat ruki terbaik musim ini. Dari 12 laga yang sudah dimainkan, Doncic menorehkan rataan 21,1 poin, 6,2 rebound, dan 6,1 asis per gim.

Harrison Barnes menyusul Doncic dengan 11 poin sementara Dennis Smith Jr. menambahkan 10 poin dan 5 asis. Bantuan terbesar bagi Doncic di laga ini datang dari pemain tertua kedua di skuat Mavericks, J.J. Barea Barea yang memulai laga dari bangku cadangan bermain selama 22 menit dan menciptakan 21 poin plus 5 asis.

Dari kubu tamu, empat pemain utama (starter) Thunder mengemas 10 poin atau lebih. Paul George dan Steven Adams menjadi top skor dan pencetak dobel-dobel bersama tim di laga ini. George menciptakan 20 poin, 13 rebound, dan 6 asis sementara Adams membukukan 20 poin, 13 rebound, dan 2 asis. Dennis Schroder yang mengisi posisi Westbrook menambahkan 19 poin dan 6 rebound. Jerami Grant melengkapi daftar dengan 13 poin plus 2 rebound.

Thunder akan kembali ke kandang mereka untuk dua laga selanjutnya. Pertama, mereka akan menghadapi juru kunci Wilayah Barat, Suns, Senin malam, 12 November 2018, waktu setempat. Sementara Mavericks akan berkunjung ke pantai timur Amerika Serikat untuk melawan Chicago Bulls di hari yang sama.

Foto:USA Today

 

Komentar