IBL

Luka Doncic, garda andalan Dallas Mavericks, terus menunjukkan kehebatannya di musim perdana. Setelah menorehkan berbagai prestasi pada 2018-2019 ini, Doncic lagi-lagi mencetak rekor baru. Ia menyamai pencapaian Stephen Curry sebagai pencetak tripoin ketiga terbanyak yang dicetak oleh seorang ruki.

Doncic mencetak sebuah tripoin di sisa waktu 2:20. Saat itu timnya sedang melawan Minnesota Timberwolves di American Airlines Center, Dallas, Texas, Rabu 3 April 2019 waktu setempat. Mavericks kalah, tetapi Doncic gemilang. Ia telah mengumpulkan 166 tripoin selama semusim ini. Ia menyamai pencapaian Curry saat ruki pada 2009-2010.

Pemain asal Slovenia itu bahkan bisa saja menggeser Curry. Apalagi Mavericks masih menyisakan empat pertandingan reguler pada 2018-2019 ini. Doncic dapat melesakkan tripoin lagi nanti sehingga menjadi pencetak tripoin terbanyak ketiga di atas Curry.

Selama semusim ini pula, Doncic tampil gemilang sehingga masuk dalam perdebatan peraih gelar ruki terbaik. Ia mencetak rata-rata 21,1 poin, 7,6 rebound, 5,9 asis, dan 1,1 steal per pertandingan. Pemain kelahiran Ljubiana, Slovenia, 28 Februari 1999 itu juga menembak dengan persentase mencapai 42,5 persen dan tripoin 32,7 persen. Sebagai seorang ruki, ia memukau banyak orang dengan perolehannya.

Kendati demikian, kehadiran Doncic tidak serta merta membuat Mavericks menjadi tim papan atas. Mereka terdampar di peringkat 14 Wilayah Barat dengan rekor 31-47. Mavericks gagal ke playoff, tetap Doncic berpotensi besar menjadi ruki terbaik musim ini.

Jika Doncic bisa mempertahankan bahkan meningkatkan kemampuannya, juga dengan dukungan pemain lain seperti Kristaps Porzingis, Mavericks boleh saja bangkit musim depan. (GNP)

Foto: NBA

Komentar