IBL

San Antonio Spurs dalam upaya mengunci tempat di playoff kala menghadapi Cleveland Cavaliers, Kamis malam, 28 Maret 2019, waktu setempat. Spurs sempat kesulitan di paruh pertama usai Cavaliers bermain apik bahkan unggul nyaris dua digit poin. Tetapi, Spurs lantas menunjukkan mentalitas kuat mereka dengan tampil perkasa di kuarter tiga usai mencetak 40 poin. Hal tersebut membuat kuarter akhir laga yang digelar di AT&T Center, San Antonio, Texas, Amerika Serikat ini berjalan sengit.

Spurs hanya unggul satu poin di sisa 20 detik pertandingan. Bola dalam penguasaan DeMar DeRozan yang lantas melakukan penetrasi ke area kunci. Tidak melakukan tembakan, DeRozan menemukan Patty Mills di sudut kiri Cavaliers. Tripoin Mills masuk dan Spurs berhasil mengunci kemenangan dengan skor akhir 116-110.

Termasuk asis kepada Mills tersebut, DeRozan menutup gim sebagai penampil terbaik dengan 25 poin, 8 asis, dan 2 steal. Bryn Forbes lantas menyusul dengan 19 poin, 6 rebound, 4 asis, dan 3 steal. LaMarcus Aldridge tak mau ketinggalan dengan 14 poin plus 3 rebound.

Dari bangku cadangan, tiga pemain Spurs tampil gemilang. Marco Belinelli yang bermain selama 23 menit mengemas 16 poin, 2 reboun, dan 2 asis. Rudy Gay mencetak 12 poin dan 8 rebound selama 27 menit sementara Patty Mills menamabahkan 11 poin, 4 rebound, dan 3 asis.

Hasil ini membuat Spurs hanya butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan satu tempat di playoff. Spurs kini bertengger di peringkat delapan klasemen sementara Wilayah Barat dengan 44 kemenangan dan 32 kekalahan. Kepastian satu kemenangan tersebut terbantu oleh kekalahan yang diderita oleh Sacramento Kings yang duduk di peringkat sembilan.

Di sisi lain, Spurs sempat menggelar upacara untuk legenda mereka yang sudah pensiun, Manu Ginobili, di jeda pergantian babak. Ginobili mendapatkan kehormatan untuk menyusul legenda-legenda lainnya dengan dipensiunkannya nomor punggung 20 miliknya. Jersey Ginobili sendiri kini sudah digantung di langit-langit AT&T Center.

Dari kubu Cavaliers, ruki, Collin Sexton kembali menajdi top skor tim. Bermain selama 35 menit, Sexton mengemas 24 poin dan 3 asis. Veteran, Kevin Love, menyusul dengan 18 poin dan 8 rebound. Brandon Knight 14 poin sementara Jordan Clarkson 10 poin dan 6 rebound. David Nwaba membukukan 11 poin dan 3 asis. Larry Nance Jr. melengkapi daftar dengan dobel-dobel, 13 poin, 11 rebound, dan 4 asis.

Cavaliers akan melanjutkan perjalanan tandang mereka dengan mengunjungi Los Angeles Clippers, lusa, waktu setempat. Sementara Spurs akan menghdapai Kings, sehari setelahnya. Sebelum berhadapan dengan Kings sendiri, Spurs bisa berpeluang memastikan tempat lolos ke playoff jika Kings kalah atas Rockets, sehari sebelumnya. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar