IBL

Pelatnas Basket Putri Indonesia tahap ketiga telah usai. Sebanyak 16 pemain telah mengikuti pemusatan latihan di Cirebon sejak 23 April lalu. Kemarin, 8 Juni, ada 14 pemain yang berhasil lolos dan akan mengikuti latihan di Korea Selatan, setelah libur lebaran. Dua pemain yang namanya tidak lolos ke tahap selanjutnya adalah Ni Putu Eka Liana Febiananda dan Dora Lovita. 

Berikut daftar 14 pemain yang lolos ke tahap selanjutnya;
1. Adelaide Callista Wongsohardjo
2. Helena Maria Elizabeth Tumbelaka
3. Christine Aldora Tjundawan
4. Dyah Lestari
5. Gabriel Sophia
6. Henny Sutjiono
7. Kadek Pratita Citta Dewi
8. Natasha Debby Christaline
9. Ivonne Febriani Sinatra
10. Nathania Claresta Orville
11. Priscilla Annabel Karen
12. Vonny Hantoro
13. Tiara Aulia Denaya
14. Clarita Antonio

Manajer Timnas Putri Indonesia, Njoo Lie Wen mengatakan, kemampuan pemain pelatnas putri tahun ini merata. Tetapi tim pelatih harus memilih pemain sesuai kebutuhannya.

"Dora dan Eka tidak lolos ke tahap selanjutnya. Tim pelatih sudah melihat perkembangan semua pemain pelatnas hampir dua bulan. Kami memilih pemain yang sesuai dengan permainan bertahan yang agresif dan cepat. Kemampuan pemain pelatnas sebenarnya merata, tapi kami tetap harus memilih pemain," kata Njoo Lie Wen.

Setelah pemusatan latihan tahap ketiga berakhir, para pemain kembali ke daerah masing-masing. Mereka diberikan waktu libur hingga 16 Juni mendatang. Lalu pada 17 Juni, 14 pemain yang terpilih akan kembali berlatih di Cirebon. Setelah itu, mereka akan berangkat ke Korea Selatan pada 28 Juni.

"Seperti rencana awal, 14 pemain yang terpilih akan kami ajak ke Korea Selatan untuk berlatih. Rencananya 28 Juni sampai 17 Juli. Sepulang dari Korea Selatan, akan ada pengurangan pemain lain. Kali ini menjadi 12 pemain," imbuh Lie Wen.

Pemusatan latihan di Korea Selatan memang tidak asing bagi timnas putri Indonesia. Sebab, pada persiapan timnas putri SEA Games 2017 Kuala Lumpur silam, mereka juga berlatih di Korea Selatan.(*)

Berita terkait:
-. 16 Pemain Putri akan Dipanggil Untuk Seleksi Timnas Indonesia Tahap Ketiga
-. 14 Pemain Putri Terbaik akan Berlatih di Korea Selatan

Foto: Mei Linda Wardani

Komentar