IBL

Nama Trae Young jadi perbincangan hangat pasca March Madness 2018. Walau tidak berhasil membawa Oklahoma Sooners jadi juara, Young mampu memperlihatkan permainan yang memukau. Pasca kompetisi tertinggi tingkat universitas di Amerika Serikat itu, bersama kedua orang tuanya, Young menandatangani kontrak kerja sama dengan firma Roc Nation Sports. Dengan ini, Young telah membuka diri dalam segala penawaran kontrak kerja sama.

Saat momen penandatanganan itu, Nick DePaula dari ESPN melaporkan bahwa pihak Puma juga ikut di dalamnya. Belum dapat dipastikan siapa perwakilan Puma yang ikut. Walau begitu, pergerakan ini jadi usaha Puma untuk segera mengamankan Young dari godaan para pesaing yang juga ingin merekrutnya.

Sayangnya, usaha pertama Puma itu masih bertepuk sebelah tangan. Rayford dan Candice Young selaku orangtua memutuskan untuk tidak menerima pinangan Puma. Akan tetapi, merek olahraga berlogo macan hitam melompat itu akan terus berusaha. Berbagai sumber menyebutkan, Trae Young jadi buruan terpanas merek kenamaan, termasuk Puma, di antara calon pemain di daftar Draft NBA 2018.

Walau masih belum masuk ranah NBA, Trae Young dianggap sebagai pemain potensial. Hal itu disampaikan Omar Wilkes, agen Young untuk Octagon Sports. “Ada ‘sesuatu’ dalam dirinya. Sulit dijelaskan. Kombinasi kemampuan, kontrol, serta kharisma yang memukau. Itu membuatnya secara otomatis jadi pusat perhatian,” katanya.

Trae Young kini sudah menjadi duta untuk firma industri hiburan olahraga Octagon Sports. Kontrak itu disepakati kedua belah pihak pada 13 April 2018.

Under Armour, Nike, adidas dan Puma adalah empat merek yang sudah berkomunikasi secara langsung dengan Young. Pemuda berusia 20 tahun itu telah mengikuti latihan khusus atlet muda yang diadakan Under Armour, Nike dan adidas. Kondisi fisiknya pun telah terpantau ketiga merek tersebut. Walau begitu, ketiganya belum membuka omongan lebih jauh terkait perekrutan Young sebagai duta produk.

Sinyal bergabungnya pemain bisa dilihat dari sepatu apa saja yang dipakai di lapangan. Sayangnya, teori ini tidak sepenuhnya benar bagi Young. Dalam bertanding, Young tercatat memakai sepatu basket dari tiga merek berbeda: Under Armour Curry 4 dan 5, adidas Harden Vol. 2, serta Nike Kyrie 4. Ia juga tidak pernah mengutarakan sepatu favoritnya sehingga semakin sulit membuat spekulasi kemana hasratnya berlabuh.

Pengumuman Draft NBA 2018 akan dilaksanakan pada 21 Juni 2018. Tak hanya pemain dan orangtua, merek-merek olahraga dunia juga akan ikut hadir untuk mencari pemuda yang tepat untuk membantu penjualan produk mereka. Sejauh ini, hanya Young yang telah berinteraksi langsung dengan Under Armour, Nike, adidas dan Puma.

Foto: John Weast/Getty Images, Sue Ogrocki/Associated press

Komentar