IBL

Philadelphia 76ers kembali menjadi tuan rumah di laga keempat babak semifinal Wilayah Timur melawan Boston Celtics, Senin malam, 7 Mei 2018 waktu setempat. Di hadapan 20 ribu lebih pendukung yang memadati Wells Fargo Center, Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, Sixers tak mau menyerah begitu saja meski telah tertinggal 0-3 dalam sistem tujuh laga (best of seven). Pertandingan berlangsung sengit di paruh pertama terbukti dengan delapan kali kedua tim silih berganti keunggulan sebelum tuan rumah menutup babak itu dengan 47-43. Keunggulan tersebut tak mampu lagi dikejar oleh Celtics di sisa laga dan Sixers menutupnya dengan kemenangan 103-92.

Brett Brown, kepala pelatih Sixers, melakukan perubahan pada barisan pemain utama mereka. Robert Covington yang selalu menjadi pemain utama di seluruh laga playoff Sixers musim ini digantikan oleh T.J. McConnell. Ini adalah pengalaman kedua bagi McConnell turun sebagai pemain utama di musim ini. Bermain selama 39 menit, ia mencetak 19 poin, 7 rebound, dan 5 asis. Catatan 19 poin tersebut merupakan torehan poin tertinggi sepanjang karir pria berusia 26 tahun tersebut. Raihan terbaiknya sebelum ini adalah 17 poin pada laga melawan Brooklyn Nets, 2016 lalu.

Ben Simmons mengikuti jejak McConnell dengan sama-sama mencetak 19 poin, 13 rebound, dan 5 rebound. Selain Simmons, Joel Embiid juga berhasil mencetak dobel-dobel dengan 15 poin dan 13 rebound. Forwarda, Dario Saric, menjadi top skor di pertandingan ini dengan mencetak 25 poin, 8 rebound, dan 4 asis.

Di kubu tamu, empat dari lima pemain utama mereka mencetak dua digit angka. Tercatat hanya Aron Baynes yang gagal mencetak dua digit angka setelah menutup laga dengan 9 poin dan 6 rebound. Ruki (rookie) Jayson Tatum menjadi top skor tim dengan 20 poin dan 4 rebound. Marcus Morris yang memulai laga dari bangku cadangan menambahkan 17 poin dan 5 rebound. Garda utama Marcus Smart membukukan 14 poin dan 5 rebound sementara duetnya di lapangan belakang (backcourt), Terry Rozier, mencetak 11 poin dan 8 rebound. Veteran Al Horford menjadi satu-satunya pemain Celtics yang mencetak dua digit angka dengan 10 poin dan 10 rebound.

Kemenangan ini membuat Sixers mengubah kedudukan menjadi 1-3 dan memperpanjang nafas mereka di babak semifinal Wilayah Timur. Pun begitu, langkah Sixers dipastikan tak akan mudah. Bila ingin lolos ke babak final Wilayah Timur, mereka harus bisa memenangi empat laga selanjutnya sementara dalam sejarah NBA belum ada tim yang mampu lolos ke babak final setelah tertinggal 3-0 di babak semifinal.

Kedua tim akan sama-sama kembali ke Boston untuk melakoni laga kelima lusa.

Foto: NBA

Komentar