IBL

Philadelphia 76ers harus mengakui ketangguhan Boston Celtics dalam laga ketiga babak semifinal Wilayah Timur NBA Playoff musim ini. Tim yang diasuh Brett Brown ini kalah 101-98 lewat babak tambahan waktu (overtime) dalam laga yang digelar di Wells Fargo Center, Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat, Sabtu malam, 5 Mei 2018 waktu setempat.

Kekalahan tersebut membuat Celtics yang sudah unggul 3-0 dalan sistem tujuh laga (best of seven) hanya butuh satu kemenangan lagi untuk lolos ke final Wilayah Timur. Kemungkinan itu juga semakin besar setelah belum ada satu pun tim dalam sejarah NBA yang mampu lolos ke babak final wilayah setelah tertinggal 3-0 di semifinal.

Ruki (rookie), Ben Simmons, mendapat sorotan tajam sepanjang babak semifinal ini. Performanya dianggap tidak maksimal pada tiga laga yang sudah dimainkan Sixers, terutama pada laga kedua lalu. 

Dalam laga yang digelar di kandang Celtics kala itu, Simmons yang bermain 31 menit hanya mampu menyumbangkan satu poin. Meski diiringi dengan lima rebound dan tujuh asis, penampilan tersebut tidak mampu ditoleransi banyak pihak. Ia bahkan secara keseluruhan hanya melepaskan empat tembakan malam itu yang semuanya gagal memenuhi sasaran.

Hal tersebut ternyata memancing Bryan Colangelo, manajer umum Sixers, untuk angkat bicara.  Dilansir Clutchpoints.com, Colangelo mengungkapkan, mungkin saja Simmons akan masuk daftar tukar Sixers demi mencari "wajah utama" organisasi ini.

"Kami mungkin belum menemukan siapa 'wajah utama' dari organisasi ini. Oleh karena itu, kami akan berupaya melihat segala kemungkinan untuk mencari hal tersebut. Tidak tertutup kemungkinan kami akan melakukan pertukaran demi demi mendapatkan pemain dari NBA Draft yang akan datang. Dan kami siap menukar siapa saja, termasuk sang nomor 25," ujar Colangelo.

Ungkapan ini bak petir di siang bolong bagi semua penikmat NBA. Pasalnya, meski harus diakui penampilan Simmons tidak cukup baik di babak semifinal ini, Sixers rasanya tak akan melaju sebaik ini tanpa kehadirannya. 

Hal ini juga memancing komentar dari mantan manajer umum Sixers, Sam Hinkie. Ia mengungkapkan, ucapan Colangelo sangat beralasan. Karena meski berhasil finis di urutan ketiga klasemen akhir Wilayah Timur di musim reguler, sanggupkah Simmons memimpin tim ini meraih gelar juara NBA?

"Jika saya saya masih menjabat, Simmons dan Joel Embiid akan masuk daftar siap tukar saya. Meski keduanya sangat bertalenta dan tampil bagus musim ini, kemampuan mereka untuk memimpin tim menuju tujuan utama (juara NBA) masih harus dipertanyakan," ungkap Hinkie.

Menarik menunggu bagaimana kelanjutan tim yang akrab dengan slogan "Trust the Process" ini. Akankah manajemen Sixers masih akan percaya dengan proses ini? Atau memilih jalan lain?

Foto: NBA

Komentar